Skip to content
Dinas Pendidikan Kota Surabaya – ꦝꦶꦤꦱꦼꦟꦶꦝꦶꦏꦤ꧀ Dinas Pendidikan Kota Surabaya – ꦝꦶꦤꦱꦼꦟꦶꦝꦶꦏꦤ꧀
Dinas Pendidikan Kota Surabaya – ꦝꦶꦤꦱꦼꦟꦶꦝꦶꦏꦤ꧀
  • Berita
  • Layanan Aplikasi
    • 1

      Profil Satuan Pendidikan

      Profil Satuan Pendidikan

      2

      Penerimaan Peserta Didik Baru

      PPDB

      3

      Lapor Dik

      Lapor Dik

      4

      Generasi Emas

      Generasi Emas ( Beasiswa Penghafal Kitab Suci)

    • – Layanan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)
      • PAK INTERGRASI GURU DISPENDIK
      • Progress PMM Dispendik
      • Progress Aktivasi Akun belajar
      • Komunitas Belajar Tingkat Sekolah
      • Progress IKM DISPENDIK
      • Progres Rapor Pendidikan Dispendik
    • – BERKREASI (Belajar Koding Kreatif untuk Anak Usia Dini)
  • Statistik Disdik
  • Sahabat Dispendik
    • Pusat Layanan Disabilitas
    • Layanan PPID
    • Layanan Khusus
Cari Sekolah
Bidang Sekolah DasarBidang Sekolah MenengahPengumuman

Info Dapodik

HomeBidang Sekolah DasarInfo Dapodik
  • February 21, 2020February 28, 2020
Rilis Perbaikan Sistem Informasi PMP Patch EDS 2020.02.07
Rilis Perbaikan Sistem Informasi PMP Patch EDS 2020.02.07

Yth.
1. Kepala LPMP
2. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
3. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
4. Kepala SD, SMP, SMA, dan SMK
5. Bpk/Ibu Pengawas
Di seluruh Indonesia

Dengan hormat kami sampaikan terima kasih telah berkenan menunggu perbaikan Sistem Informasi Penjaminan Mutu Pendidikan. Penyempurnaan sistem ini terdiri dari Aplikasi EDS Dikdasmen Offline, Manajemen PMP, dan e-Supervisi Mutu telah berhasil dilaksanakan. Kendala-kendala yang dialami oleh satuan pendidikan telah diselesaikan melalui perbaikan sistem ini. Semoga perbaikan yang dilakukan dapat menjadi solusi bagi proses implementasi penjaminan mutu pendidikan.

Terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Rilis terakhir secara resmi adalah Patch EDS Offline versi 2020.02.07 dan hanya dapat berfungsi pada EDS Offline versi 2019.12.18. Tahapannya adalah sebagai berikut:

A. Langkah-langkah apabila sekolah telah mengerjakan EDS Offline pada versi 2019.12.18

1. Pastikan Aplikasi EDS Offline yang terinstal terakhir adalah versi 2019.12.18.
2. Tutup browser Anda.
3. Unduh Patch EDS Dikdasmen Offline versi 2020.02.07 pada tautan: https://ringkas.kemdikbud.go.id/EDSPATCH2020
4. Instal Patch EDS Offline versi 2020.02.07 (langsung timpa, tanpa menghapus / uninstall).
5. Bersihkan riwayat peramban Anda (Clear cache browser dengan menekan Ctrl+Shift+Delete).
6. Buka aplikasi EDS Dikdasmen Offline (tautan: localhost:1745)
7. Login EDS dengan akun Dapodik Anda.
8. Masuk ke menu Pengaturan, submenu Manajemen Pengguna
9. Pilih Kandidat Responden untuk semua pengguna yang menjadi responden EDS. Langkah ini harus berhasil ditandai dengan huruf berwarna hijau “Kandidat Responden Pengisi Instrumen”.
10. Cek Kemajuan Pengisian Keseluruhan pada menu beranda bagian paling bawah.
11. Jika sudah 100%, langsung menuju “Hitung Rapor Mutu” pada menu Rapor Mutu.
12. Jika belum 100%, lakukan langkah-langkah berikut (lewati langkah ini jika sudah 100%):
a. Tekan “Hitung Total Kemajuan” pada menu beranda.
b. Tandai/Ceklist responden yang telah terpilih menjadi kandidat responden pengisi instrument.
c. Tekan “Lanjutkan” untuk memulai proses konversi dan hitung rekap kemajuan.
d. Cek kemajuan semua responden terpilih dan kuisioner yang belum lengkap.
e. Input data EDS sekolah Anda sampai dengan selesai 100%.
f. Hitung rapor mutu sekolah Anda.
13. Lakukan sinkronisasi untuk mengirimkan hasil rapor mutu ke server.
14. Jika Rapor mutu belum menampilkan 8 standar, tunggu 3×24 jam agar rapor mutu satandar PTK dan Sarpras terproses di server PMP. Lakukan Sinkronisasi kembali untuk melengkapi rapor mutu.
15. Setelah hitung rapor mutu dan sinkronisasi, segera lapor kepada Pengawas Sekolah untuk dilakukan verval mutu.
16. Lakukan sinkronisasi untuk menurunkan data verval mutu dari pengawas
17. Lakukan Pakta Integritas oleh kepala sekolah sebagai tanda proses pendataan EDS telah selesai (data jawaban kuisioner dan rapor mutu tidak dapat diubah setelah Pakta Integritas).
18. Cek di progress pengiriman website pmp.kemdikbud.go.id

B. Langkah-langkah apabila sekolah belum mengerjakan sama sekali atau versi sebelum 2019.12.18

1. Lakukan instalasi EDS Dikdasmen Offline versi 2019.12.18 – FINAL. (Pastikan Installer, bukan Patch)
2. Unduh Patch EDS Dikdasmen Offline versi 2020.02.07 pada tautan berikut: https://ringkas.kemdikbud.go.id/EDSPATCH2020
3. Lakukan instalasi Patch EDS Dikdasmen Offline versi 2020.02.07
4. Bersihkan riwayat peramban Anda (Clear cache browser dengan menekan Ctrl+Shift+Delete).
5. Buka aplikasi EDS Dikdasmen Offline (tautan: localhost:1745)
6. Login EDS dengan akun Dapodik Anda.
7. Masuk ke menu Pengaturan, submenu Manajemen Pengguna
8. Pilih Kandidat Responden untuk semua pengguna yang menjadi responden EDS ditandai dengan huruf berwarna hijau “Kandidat Responden Pengisi Instrumen”.
9. Input data EDS sekolah Anda semua responden sampai dengan selesai 100%.
10. Lakukan proses “Hitung rapor mutu” pada menu Rapor Mutu
11. Lakukan Sinkronisasi untuk mengirimkan hasil rapor mutu ke server.
12. Jika Rapor mutu belum menampilkan 8 standar, tunggu 3×24 jam agar rapor mutu satandar PTK dan Sarpras terproses di server PMP. Lakukan Sinkronisasi kembali untuk melengkapi rapor mutu.
13. Setelah hitung rapor mutu dan sinkronisasi, segera lapor kepada Pengawas Sekolah untuk dilakukan verval mutu.
14. Lakukan Sinkronisasi untuk menurunkan data verval mutu dari pengawas
15. Lakukan Pakta Integritas oleh Kepala Sekolah sebagai tanda proses pendataan telah selesai (data jawaban kuisioner dan rapor mutu tidak dapat diubah setelah Pakta Integritas).
16. Cek di progress pengiriman website pmp.kemdikbud.go.id

Catatan:

1. Aplikasi yang terakhir digunakan haruslah EDS Oflline versi 2019.12.18. Aplikasi di bawah versi tersebut tidak cocok/kompatibel dengan Patch terbaru versi 2020.02.07.
2. Gunakan Patch EDS Offline ke versi 2020.02.07 resmi dari website PMP Dikdasmen.
3. Rapor mutu untuk standar PTK dan Sarana Prasarana akan diproses di server setiap 3×24 jam. Cukup lakukan sinkronisasi untuk menarik data dari server ke Aplikasi EDS Offline di sekolah.
4. Setelah sekolah melakukan penghitungan rapor mutu, diharapkan segera melaporkan ke pengawas yang membina sekolahnya untuk dilakukan Verval Mutu sekolah.
5. Progres pengiriman/sinkronisasi EDS Offiline dapat dicek di laman pmp.kemdikbud.go.id pada menu Progress Data.
6. Penjadwalan sinkronisasi EDS Offline sesuai wilayah provinsi masih tetap diberlakukan.
7. Pendataan EDS Dikdasmen tahun ini akan berakhir pada tanggal 15 April 2020.

Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Lampiran

1. Link Unduhan PATCH EDS DIKDASMEN OFFLINE versi 2020.02.07 (22,8 MB)
a. https://simpandata.kemdikbud.go.id/index.php/s/Qapwz2YxMay6aT4
b. https://ringkas.kemdikbud.go.id/EDSPATCH2020

2. Daftar Perubahan pada Patch EDS Dikdasmen Offline 2020.02.07

• [Perbaikan] Fitur Pilih Kandidat Responden untuk memilih responden pengisi instrumen
• [Pembaruan] Fitur Hapus Pengguna untuk menghapus akun pengguna yang sudah tidak aktif dari sekolah atau akun yang bukan guru.
• [Pembaruan] Fitur keterangan selesai ketika proses registrasi
• [Perbaikan] Memuat otomatis angka Progres Pengisian Anda setelah menekan hitung rekap kemajuan pada menu isi kuesioner
• [Perbaikan] Galat pada pengiriman data kemajuan pengisian ketika sinkronsisasi
• [Pembaruan] Fitur tombol hitung total kemajuan sekolah pada menu beranda
• [Pembaruan] Fitur cegah pengguna menutup jendela browser tanpa peringatan
• [Pembaruan] Mengaktifkan tombol pakta integritas kepala sekolah setelah hitung rapor mutu
• [Pembaruan] Penyempurnaan fitur rapor mutu sekolah menampilkan data-data hasil rekap

Salam Satu Data
Admin PMP Dikdasmen

Loading

Share:

Older Post

Dispendik Sosialisasikan Juknis BOS 2020

Next Post

Undangan Sosialisasi Kisi-kisi Ujian Sekolah Jenjang SD/MI

  • Berita (2,651)
  • Bidang Sekolah Dasar (1,509)
  • Bidang Sekolah Menengah (2,442)
  • Dapodik (9)
  • Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) (1,055)
  • PDKOP (991)
  • Pengumuman (5,502)
  • Sekretariat (1,963)

Berita Terbaru

  • Lomba Peneliti Pelajar Surabaya 2025
  • 32 Tim Putra dan 24 Tim Putri Ikuti Kejuaraan Bola Voli tingkat SMP
  • Undangan Sosialisasi Sistem Penerimaan Murid Baru Tahun Ajaran 2025/2026
  • Pemberitahuan Lomba-Lomba Puspresnas 2025
  • Pengajuan Usulan SK Penerima Tunjangan Profesi dan Tambahan Penghasilan Guru ASN Semester 1 Tahun Anggaran 2025 dan Hasil Verifikasi Tunjangan Profesi yang belum di usulkan SKTP dengan status info GTK Valid
Jam Pelayanan Senin - Kamis 08.00 - 16.00 WIB
Jum'at 08.00 - 15.00 WIB
  • Jl. Jagir Wonokromo No. 354-356 Surabaya

Pengaduan Masyarakat Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Silahkan menghubungi Sahabat Dispendik:

  • +62 81 259 896 163 (Suluh Dwi/Adi Nur P)
  • dispendik@surabaya.go.id
  • dispendiksby1
  • dispendiksby
  • WargaKu Surabaya
  • Mediacenter

© 2022 Dinas Pendidikan Kota Surabaya. All Rights Reserved.