Kemudahan layanan dalam mengisikan nilai anak kedalam rapor digital atau yang lebih dikenal di Surabaya dengan Rapor Online menarik perhatian bagi daerah lain untuk mengkaji dan mempelajarinya.

 

Pagi tadi, Jumat (19/05) Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) menerima kunjungan dari para guru yang berasal dari SD Inpres Abeale 2, Kab. Jayapura. Rombongan disambut hangat oleh Plt. Kepala Bidang Sekolah Dasar Dispendik Drs. Sudarminto, M. Pd di ruang Kartini.

 

“Selain melakukan study banding ke beberapa SD di Surabaya, kami juga belajar mengenai inovasi pendidikan yang berhasil dikembangkan oleh Surabaya salah satunya rapor online ini”, tutur Yanuar, S.H, M. Pd Kepala SD Inpres Abeale 2.

 

Yanuar menuturkan selama di Surabaya dirinya bersama rombongan guru-guru akan mengunjungi tiga SD untuk dijadikan sebagai obyek penelitian diantaranya, SDN Baratajaya, SDN Kertajaya, dan SDN Mojo 3.

 

Pada kesempatan ini, Sudarminto menjelaskan sebelum dikembangkannyaa layanan rapor online bagi guru, terlebih dahulu Dispendik membangun sebuah system data base yang terintegrasi mulai data siswa, guru, sampai data keuangan yang dinamakan dengan profil sekolah.

 

“Profil sekolah tersebut ibarat miniaturnya Dapodik”.

 

Mantan Kepala SMAN 16 tersebut mengungkapkan dengan adanya perubahan kurikulum dari KTSP ke Kurikulum 2013 tentu membutuhkan sebuah system untuk memudahkan guru dalam memasukan nilai siswa ke dalam rapor digital, maka lahirlah rapor online.

 

“Melalui rapor online guru tidak perlu bersusah payah menuliskan deskripsi nilai siswa, cukup hanya memasukkan angka dan secara otomatis sistem yang akan mendeskripsikan”.

 

Tidak hanya itu, selama kurun waktu empat tahun Dispendik telah menghasilkan beragam inovasi pendidikan. Ada 21 inovasi program pendidikan melalui aplikasi online. Dua puluh satu  inovasi program pendidikan di Surabaya, diantaranya Profil Sekolah, Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah (SIPKS),  Seleksi Calon Kepala Sekolah, Jurnal Online, Surabaya Belajar, Multimedia Pembelajaran, Rapor Online, Try Out Online, PPDB Online, Sahabat Dispendik,  Klinik Kurikulum, Kenaikan Pangkat Online, Tantangan Membaca 2015, P2KGS, Profil LKP dan PKBM,  Aplikasi Gaji Online, JOSS (Jejaring Obrolan Siswa Surabaya), UNBK 100 persen,  perijinan online, US USBK Online, serta Rekomendasi Luar Kota Online. (Humas Dispendik Surabaya)