Dalam menyambut bulan Ramadhan sebagian besar sekolah menggelar kegiatan pondok Ramadhan. Kegiatan tersebut meliputi Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, Praktik Sholat, Hafalan Doa-doa Harian, dan Penugasan kepada siswa. Hal ini sebagai perwujudan Pelaksanaan KI-1 dalam K-13 yang sesungguhnya.

 

Materi KI-3 berupa Pengetahuan juga diterapkan dalam bentuk penayangan video pembelajaran, Untuk melaksanakan kegiatan KI-4 dilaksanakan dengan model Penugasan yaitu siswa membuat catatan ringkas untuk disampaikan kepada orang tua. Sesion 1 berlangsung selama lima hari.

 

Pelaksanaan KI-2 yaitu Sikap Sosial untuk tahun ini siswa dan guru mengadakan Bakti Sosial ke Liponsos-Keputih Surabaya. Kegaiatan ini diikuti oleh 118 siswa dan 25 guru/karyawan. Siswa memberikan bingkisan langsung berupa makanan dan pakaian siap pakai. Guru dan Karyawan SDN Bulak Rukem I No. 258 tidak ketinggalan ikut pula menyumbang Pakaian Pantas Pakai dan Makanan Instan, Kamis 15 Juni 2017. Ini kegiatan sesion 2 di luar sekolah.

 

Singgih (Wakil dari Liponsos), menerangkan daya tamping Liponoso mencapai 1594 orang dengan rincian 880 orang gangguan jiwa laki-laki, 430 untuk perempuan. Kelompok Gepeng (Gelandangan dan Pengemis) sebanyak 260 orang. Adapun 20 orang terdiri atas Anjal/Anak Jalanan dll. Mereka berasal dari hasil razia yang dilakukan Satpol PP Pemkot Surabaya, Linmas, Kepolisian dan Instansi Lain.

 

Siswa dan guru telah ditunjukkan kondisi ini secara langsung dengan berkeliling, agar selalu tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dari Pak Singgih juga disampaikan agar siswa selalu rajin belajar dan tidak keluar malam dan berkumpul di area terbuka melebihi pukul 21.00 tanpa ada pendampingan orang tua.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan dengan Sholat Ashar berjamaah, Baca Al Quran, Takjil, Sholat Magrib, Buka bersama, Sholat Isya’, Mendengarkan Ceramah, dan Tarawih di Masjid Agung  Surabaya. (Humas Dispendik Surabaya)

     Puluhan siswa SD dan SMP dari berbagai sekolah pagi tadi, Kamis (15/06) mendatangi kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) dengan mengenakan busana muslim serta membawa peralatan musik lainnya. Bukan tanpa sebab mereka datang untuk mengikuti aneka lomba dalam Semarak Ramadhan 2017.

     "Kegiatan ini kerjasama antara KKG-PAI dengan Dispendik Surabaya dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1418 H", tutur Siti Asiyah Agustini Kepala Bidang PAUD, Penmas, Kesenian dan Olahraga Pendidikan.

      Asiyah menjelaskan ada beberapa lomba yang dilombakan diantaranya yakni Banjari, MTQ, MHQ, Dai Cilik, Dai Muda, Cerdas Cermat serta Kaligrafi.

 

      "Acara berlangsung mulai tanggal 15-16 Juni di kantor Dispendik Surabaya".

      

       Menurutnya, melalui momentum ini selain dapat lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, diharapkan juga mampu mengasah bakat dan kreatifitas di bidangnya masing-masing dengan diharapkan banyak lahir para dai cilik berprestasi asal Surabaya. (Humas Dispendik Surabaya)

Setelah melewati seleksi yang cukup ketat akhirnya Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) umumkan para juara guru Anugerah Konstitusi tingkat kota 2017.

 

Para juara ini mendapatkan piagam langsung yang diberikan secara simbolik oleh Kadispendik Surabaya Dr. Ikhsan, S. Psi, MM di ruang H.O.S Cokroaminoto, kemarin Rabu (14/06).

 

“Untuk juara 1 akan mewakili Surabaya dalam seleksi Guru Anugerah Konstitusi tingkat provinsi nantinya”, tutur Mamik Suparmi Kabid. GTK Dispendik.

 

Mamik berharap agar para juara ini tidak hanya mampu menjadi juara di tingkat kota saja, namun lebih dari itu, seperti tahun-tahun sebelumnya juga harus mampu menjadi juara di tingkat nasional. Menurutnya, saat ini Dispendik berupaya meningkatkan mutu dan kualitas tenaga pendidik (guru) agar menjadi para pengajar yang professional di bidangnya dengan berbagai kegiatan pelatihan.

 

“Kami berharap dengan meningkatnya tenaga pendidik akan mampu membawa peserta didik berprestasi”.

 

Untuk juara I tingkat SMP diraih oleh Dra. Noor Qomariyah, M. Pd (SMPN 17), juara II diraih oleh Dra. Binti Ismiyah, M. Pd (SMPN 39) dan juara III diperoleh Dra. Anisah Novaniyah, M. Pd (SMPN 43). Sedangkan pada jenjang SD juara I Guru Anugerah Konstitusi diraih oleh Mochammad Riduwan, M. Pd (SD Al-Hikmah), juara II diraih Lis Lestari, S. Pd, M. Si (SDN Jajartunggal 1) dan juara III diraih Sulaikah Kurniawati, S. Si (SDIT Al Uswah). (Humas Dispendik Surabaya) 

Subcategories

Ini adalah berita dari Sekretariat Dinas Pendidikan