Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya melalui bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menggelar seleksi Olimpiade Guru Nasional (OGN) jenjang SD dan SMP tahun 2019. Setelah melalui seleksi berbasis komputer (CBT), peserta yang lolos 10 besar menjalani tes performa mulai Senin (2/12/2019) sampai Selasa (3/12/2019).

 

Babak 10 besar untuk jenjang SD diikuti oleh guru mata pelajaran (mapel) Matematika dan mapel tematik. Sedangkan untuk jenjang SMP diikuti oleh guru mapel Matematika, IPA, mapel bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan mapel IPS.

 

Kabid GTK Dispendik Kota Surabaya Mamik Suparmi menjelaskan, dalam seleksi OGN untuk jenjang SD, setiap sekolah mengirimkan satu guru matematika dan satu satu guru tematik. Sedangkan untuk jenjang SMP, masing-masing sekolah mengirim satu guru untuk satu mapel.

 

“Jadi, untuk jenjang SD, seleksi OGN diikuti oleh 604 guru. Sementara jenjang SMP diikuti sekitar 315 guru. Saat ini sudah memasuki tahapan 10 besar untuk masing-masing mapel,” katanya.

 

Salah satu tim juri untuk mapel IPA, Imam Sucahyo mengatakan, dalam tes performa untuk mapel IPA-Fisika, peserta diminta menjawab dua soal uraian. Soal pertama berupa kotak teka-teki, soal kedua cartesian diver.

 

“Kalau cermat dan teliti saat mengerjakan, nilainya bisa 100. Kemudian mempraktikan jawaban soal uraian tadi melalui bahan yang sudah disediakan,” jelasnya. (Humas Dispendik Surabaya)