Sebanyak 127 siswa jenjang SMP/MTs mengikuti kegiatan pra kongres pelajar Surabaya tahun 2019 dan pemilihan pengurus organisasi pelajar Surabaya (Orpes) generasi 8 di Aula Bung Tomo Kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Kamis (3/10/2019).

 

Dalam kesempatan itu, mereka dibagi ke dalam lima kelompok untuk memetakan berbagai persoalan remaja dan cara menanggulanginya. Kelompok-kelompok itu pada akhirnya mengusulkan maksimal empat orang untuk menjadi calon ketua, wakil, sekretaris, dan humas Orpes Generasi 8.

 

Sistem seleksinya, para calon itu harus mampu memecahkan masalah pelajar yang pada dasarnya memiliki tanggung jawab belajar dan berbagai kegiatan lainnya, bagaimana cara menjaga ukhuwah Orpes dan bisa membuat semua anggotanya (yang banyak dan dari berbagai latar belakang) tetap bersatu dan aktif dalam kegiatan Orpes.

 

Kemudian membuat visi dan misi konkret sebagai ketua Orpes. Apa visi yang akan dibangun untuk Orpes generasi 8 dan bagaimana misi untuk mencapai ke sana.

 

Dalam pra kongres ini, ketua Orpes Gen 8 terpilih ialah Afina Karima dari SMPN 5 Surabaya. Dia akan menggantikan Ketua Orpes Generasi 7 Nabil Almadani dari SMPN 3 Surabaya.

 

Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan mengucapkan selamat kepada ketua terpilih yang selanjutnya dapat menjalankan tugas-tugas sesuai dengan visi misi yang diusung. “Selamat untuk pengurus Orpes terbaru. Nanti Kongres Pelajar dilaksanakan pada 7 Oktober,” terangnya.

 

 

Ikhsan menjelaskan, dalam kesempatan ini, terdapat beberapa mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan BEM Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair). Mahasiswa tersebut datang ke Dispendik untuk curah gagasan. Pada penutupan, mahasiswa berfoto bersama dengan para siswa. (Humas Dispendik Surabaya)