Pelajar SD dan SMP di Kota Surabaya berhasil meraih prestasi lomba robot tingkat internasional. Dalam kompetisi Robofest Japan 2019 di Okayama University, Jepang, pada 22-27 Agustus lalu, 12 pelajar tersebut berhasil meraih 12 penghargaan. Penghargaan yang diraih mulai dari tingkat perorangan dan tim.

 

Penghargaan tersebut, antara lain juara pertama kategori Line Maze yang diraih Hermawan Santosa dari SMPN 1 Surabaya yang berkolaborasi dengan Rakha Robredo dari SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya, kemudian juara pertama kategori Robot Gathering yang diraih oleh Irsya Fawwaz Brahmantyo dan Ardy Yuriz Alif dari SD Islam Al Falah Surabaya.

 

Kemudian juara pertama kategori Robot Transporter yang diraih Rakha Robredo dari SMP Islam Al Azhar dan Hermawan Santosa dari SMPN 1 Surabaya, selanjutnya juara pertama kategori yang sama diraih oleh Adhika Haryo Pradipto dan Mochammad Rajiv Aqiila dari SMP Islam Al Hikmah Surabaya. Kedua siswa ini juga meraih juara pertama kategori Super Team Robot Transporter.

 

Ada juga pelajar yang meraih juara kedua, di antaranya kategori Line Maze yang diraih oleh Ardy Yuriz Alif dan Irsya Fawwaz Brahmantyo dari SD Islam Al Falah Surabaya, kemudian juara kedua Line Maze yang diraih Maulana Randi Syah Putra dari SMP Islam Al Hikmah. Selanjutnya juara kedua kategori Robot Gathering yang diraih Mochammad Rajiv Aqiila dan Adhika Haryo Pradipto dari SMP Islam Al Hikmah.

 

Juara kedua juga diraih Samudera Timur dari SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya untuk kategori Robot Transporter, kemudia kategori Super Team Robot Transporter yang diraih Nashwa Farenza Anataya dan Fakhri Athaurrahman Wibowo dari SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya.

 

Atas prestasinya tersebut, seluruh anggota tim melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Ikhsan, Selasa (10/9/2019). Dalam kesempatan itu, Ikhsan mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih.

 

“Selamat semuanya sudah dapat juara internasional. Masih SD dan SMP sudah juara, sehingga kedepannya bisa terus mengembangkan bakat dan jadi profesional di masa mendatang,” ungkap Ikhsan. (Humas Dispendik Surabaya)