Memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2019, SDN Wonokusumo V/44 melaksanakan berbagai kegiatan, Senin (9/9/2019). Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas 4 sampai dengan siswa kelas 6.

 

Sekolah di Kecamatan Semampir itu memulai kegiatan dengan upacara bendera. Kemudian menampilkan lomba permainan tradisional yang terdiri Engklek untuk siswa kelas 1 sebanyak 4 rombel.  Holahup untuk siswa kelas 2. Lompat tali dari karet oleh siswa kelas 3 di halaman sekolah.

 

“Untuk kegiatan di lingkungan sekitar sekolah menampilkan Batok Kelapa bagi siswa kelas 4. Egrang untuk siswa kelas 5. Trompah oleh siswa kelas 6. Dan boy-boy-an. Semua dilombakan,” kata Kepala SDN Wonokusumo V Rudy Prayitno.

 

Dia menjelaskan, kegiatan Trompah dilaksanakan secara beregu dengan 3 pemain. Ini yang paling seru, karena membutuhkan kekompakan, keseimbangan, dan kecepatan. Bila tidak kompak maka sering membuat siswa terjatuh.

 

“Semua mainan/alat olahraga dibuat oleh siswa baik perorangan atau beregu. Hasilnya dinilai untuk mengisi nilai keterampilan guru PJOK dan wali kelas,” ujarnya.

 

Salah satu siswa, Junainatul Jinan, mengaku merasa senang. Apalagi selama ini belum pernah mendapatkan permainan tradisional yang banyak dan lengkap. “Terima kasih bapak kepala sekolah dan bapak/ibu guru yang telah mengenalkan olahraga tradisional kepada saya dan teman-teman!" ungkap siswa kelas 6 C ini. (Humas Dispendik Surabaya)