Warga SDN Tembok Dukuh IV Kota Surabaya, yang terdiri atas kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan, siswa, dan wali murid, mengikuti kegiatan jalan sehat sekaligus memerangi sampah di lingkungan sekitar, Sabtu (7/9/2019).

 

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, peringatan 1 Muharam 1441 H/2019, dan Hari Olahraga Nasional (Haornas). “Memang ini untuk memperingati tiga acara sekaligus, HUT RI, 1 Muharam, dan Haornas,” kata Kepala SDN Tembok Dukuh IV Edy Santoso.

 

Jalan sehat dimulai dari sekolah. Siswa-siswa dibagi menjadi sekitar 30 kelompok. Ada kelompok sapu lidi, kelompok semprot air, kelompok kain lap, kelompok semprotan, benih, rockwool, vacuum cleaner, dan lain sebagainya.

 

Rute yang dilalui peserta adalah Jalan Margorukun 10, kemudian melalui Jalan Margodadi I, serta melewati Jalan Demak Timur 5. Siswa juga membawa kantong plastik dan tong sampah beroda untuk memungut sampah selama perjalanan.

 

“Rute yang dilalui peserta jalan sehat sekitar 3 sampai 4 kilometer. Seluruh siswa mulai dari kelas I sampai 6 mengikuti jalan sehat sambil mengambil sampah-sampah yang berserakan di jalan,” ungkapnya. 

 

Menurut pria yang juga seorang wasit sepak takraw ini, banyaknya kegiatan di SDN Tembok Dukuh IV sekaligus untuk mengenalkan sekolah kepada masyarakat sekitar. (Humas Dispendik Surabaya)