Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya menggelar workshop pembelajaran bagi bunda PAUD. Workshop dibagi beberapa gelombang. Pada Selasa (13/8/2019) sampai Rabu (14/8/2019) ditujukan bagi bunda PAUD Kecamatan Sawahan dan Kecamatan Semampir.

Salah satu narasumber workshop adalah Muhammad Reza dari PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dia menerangkan materi tentang Perkembangan dan Karakteristik Anak Usia Dini serta Alat Peraga Edukatif (APE).

“Apa kaitan perkembangan anak dengan alat peraga edukatif? Kaitannya erat agar alat yang dirancang sesuai tumbuh kembang anak-anak usia dini,” katanya.

Reza mengungkapkan, tidak jarang APE yang dibuat belum sesuai dengan usia anak. Salah satu contohnya ialah permainan puzzles. “Anak usia 5 tahun cocok tidak diberi puzzles yang 100 keping? Anak bisa stres dan tidak mau bermain kembali,” ujarnya.

Reza mengingatkan, aktivitas anak mulai awal sampai akhir itu bermain. Hal itu wajar terjadi bagi anak usia dini. Namun, permainan harus cocok dengan usia anak agar tidak mudah bosan.

“Setelah pelatihan ini selesai, tolong tularkan dan ajarkan materi yang didapat kepada teman-teman di satu lembaga,” tandasnya. (Humas Dispendik Surabaya)