Jajaran struktural Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya dan Kepala SMP negeri serta pengawas SMP mendapat pelatihan Neuro Linguistic Programming (NLP) dari Coach Gunawan, The John Maxwell Team, di Aula SMPN 13 Surabaya, Senin (12/08/2019).

 

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Dispendik Kota Surabaya Aston Tambunan. Menurut dia, seluruh kepala sekolah dan pengawas harus memanfaatkan pelatihan ini. Apalagi, NLP akan berkaitan dengan pola kepemimpinan yang berguna dalam kegiatan sehari-hari.

 

“Selama dua hari ini fokus untuk pelatihan. Kesempatan ini jangan disia-siakan karena sangat berharga terhadap pola-pola kepemimpinan,” ujarnya.

 

Coach Gunawan menyatakan, selama dua hari pelatihan untuk kepala SMP dan pengawas SMP ini akan lebih banyak praktik dan banyak belajar berpikir. “Kita akan terus belajar, kalau berhenti belajar berarti kita berhenti jadi pemimpin,” katanya.

 

Dia menjelaskan, salah satu problem utama di sebuah organisasi, perusahaan, bahkan negara adalah masalah kepemimpinan. Hal ini disebabkan sebanyak 60 persen orang tidak mau belajar kepemimpinan karena sudah merasa menjadi pemimpin, 30 persen lainnya merasa berpengalaman jadi pemimpin, dan 10 persen sisanya merasa bukan pemimpin.

 

“Tidak ada pendidikan formal khusus kepemimpinan dan kita cenderung tidak menganggap serius mengembangkan potensi kepemimpinan karena masalah-masalah tadi. Padahal, ketika pemimpin tidak berubah, maka tidak akan terjadi perubahan dalam sebuah organisasi,” urai Coach Gunawan. (Humas Dispendik Surabaya)