Sebanyak 8.764 siswa lulusan SD/MI yang telah memenuhi syarat khusus untuk mendaftar PPDB Zona Kawasan, yaitu memiliki total Ujian Sekolah Berstandar nasional (USBN) dengan jumlah minimal 240, atau rata-rata 80 dan tidak ada nilai di bawah 80 serentak menjalani Tes Potensi Akademik (TPA) pagi ini, Senin (17/6.2019).

 

Kadispendik Kota Surabaya Ikhsan, menuturkan bahwa TPA yang dipergunakan untuk seleksi PPDB SMP Jalur Zona Sekolah Kawasan merupakan tes kemampuan berfikir, kemampuan pemahaman dan penalaran. Hal ini yang penting untuk kesuksesan peserta didik dalam menempuh pendidikan formal. TPA meliputi kemampuan berfikir verbal (bahasa), kemampuan berfikir numerical (angka), dan kemampuan berfikir figural (gambar). Jumlah soal yang diujikan sebanyak 185, dengan durasi waktu 120 menit.

 

“Soal TPA disesuaikan dengan umur dan karakteristik usia peserta. Insyaallah tidak ada kendala,” imbuh mantal Kepala Bapemas Kota Surabaya.

 

Koordinator Pelaksana TPA Dhimas Aryo Wicaksono secara teknis menjelaskan bahwa pelaksanaan TPA akan dimulai jika para peserta sudah paham dengan apa yang dijelaskan oleh tester di tiap ruang ujian. Karena itu, ada kemungkinan tiap lokasi ujian selesainya akan berbeda waktu. Lokasi ujian TPA rata-rata berada di dekat tempat tinggal para peserta.

 

Lanjutnya, Dispendik Surabaya telah menyiapkan lokasi TPA yang tersebar di berbagai wilayah Surabaya. Untuk Surabaya Barat TPA berlangsung di SMPN 26, SMPN 25, SMPN 47, dan SMPN 61. Surabaya Pusat TPA berlangsung di SMPN 1, SMPN 6, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 29, SMPN 37, SMPN 8, dan SMPN 10. Surabaya Timur lokasi TPA di SMPN 19, SMPN 35, SMPN 30, dan SMPN 23. Surabaya Selatan lokasi TPA di SMPN 12, SMPN 22, SMPN 39, dan SMPN 21, dan untuk Surabaya Utara lokasi TPA berlangsung di SMPN 15, SMPN 2, SMPN 11

 

“Hasil nilai TPA akan dikombinasikan dengan nilai USBN (Ujian Sekolah Berstandart Nasional). Kemudian dilakukan perangkingan secara sistem dengan komposisi penilaian 40 persen nilai USBN dan 60 persen hasil TPA. Pengumuman PPDB Jalur Zonasi Kawasan pada tanggal 18 Juni 2019 pukul 08.00 melalui laman www.ppdbsurabaya.net. ” pungkasnya. (Humas Dispendik Surabaya)