Kemajuan arus teknologi dan informasi yang terus berkembang menuntut adanya perubahan pada setiap lini kehidupan, tak terkecuali pada sebuah sistem pemerintahan. Melalui teknologi pula sebuah pengelolaan keuangan dapat berjalan dengan baik.

 

Pagi tadi, Rabu (12/06/2019) guna mempelajari sistem pengelolaan BOS dan BOPDA online atau yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah (SIPKS), Dinas Pendidikan Kota (Disdik) Palembang lakukan kunjungan belajar ke Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya.

 

Rombongan yang berjumlah 14 orang tersebut diterima langsung oleh Kadispendik Surabaya Ikhsan di ruang HOS Cokroaminoto.

 

Karim Kasim salah seorang perwakilan dari Disdik Palembang mengutarakan kedatangannya ke Surabaya selain belajar BOS dan BOPDA online juga dalam rangka peningkatan kapasitas pegawaidi Disdik Palembang sebagai upaya peningkatan pelayanan prima bagi masyarakat.

 

Pada kesempatan ini, Kadispendik Ikhsan menerangkan untuk mempermudah sekolah dalam melakukan manajemen keuangan, baik yang bersumber dari APBN (BOS) maupun APBD (Bopda), Kota Surabaya memiliki sistem informasi pengelolaan keungan sekolah (SIPKS). Dalam sistem berbasis online ini, sekolah bisa merencanakan penggunaan keuangan, pelaksanaan, hingga pelaporan.

 

Mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya menambahkan mengungkapkan sumber pembiayaan pendidikan di Surabaya bersumber pada BOS dan BOPDA. Besaran BOPDA yang  diberikan, yakni untuk siswa SD sebesar Rp. 29.000,-/siswa/bulan serta siswa SMP Rp. 80.426/siswa/bulan. Sedangkan untuk guru sekolah swasta diberikan jasa pelayanan (Jaspel). (Humas Dispendik Surabaya)