Bertempat di ruang aula Bung Tomo, Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) lakukan sosialisasi pelaksanaan  Baca Tulis dan Berhitung (Calistung) kepada para guru kelas 3 Sekolah Dasar (SD) baik negeri maupun swasta.

 

Kasi Kurikulum Sekolah Dasar Munaiyah menerangkan bahwa pelaksanaan Calistung 2019 untuk kelas 3 SD akan dimulai pada tanggal 18-19 Juni 2019. Hari pertama berlangsung dengan materi uji membaca dan menulis, sedangkan hari kedua berhitung.

 

“Semua materi nantinya akan diambilkan dari kurikulum 2013”, ungkap Munaiyah ketika memberikan sosialisasi, Senin (27/05/2019).

 

Munaiyah mengungkapkan nantinya naskah dari Dinas akan didistribusikan ke lima wilayah, selanjutnya Koordinator Wilayah (Korwil) menginformasikan pengambilan naskah ke sekolah-sekolah.

 

“Sekolah boleh mengambil naskahnya di Korwil hari Sabtu (15/06)  atau Senin (17/06) pagi “, ujar Munaiyah.

 

Terkait soal Calistung terdapat dua bentuk soal, yakni pilihan ganda dan uraian singkat. Munaiyah menyampaikan pada materi uji membaca dan menulis terdapat 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, sedangkan pada materi uji berhitung terdapat 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. (Humas Dispendik Surabaya)