Keberhasilan Pendidikan tidak sepenuhnya terletak pada guru mengajar di dalam kelas, tetapi banyak faktor yang mempengaruhinya.Sarana dan prasarana, tenaga pendidik , lingkungan dan partisipasi orang tua adalah beberapa faktor yang mendukung keberhasilan tersebut. Faktor – faktor tersebut harus saling terkait sehingga menjadi satu system yang utuh.

 

Peran serta Orang tua adalah salah satu faktor untuk mewujudkan keberhasilan Pendidikan , karena orang tua yang pertama kali dalam memulai pendidikan bagi anak , bahkan sejak dalam kandunganpun orang tua mempunyai peran sangat penting dalam memberikan pendidikan.

 

Untuk menimbulkan kepedulian orang tua terhadap Pendidikan khususnya di SDN Bubutan IV maka sekolah kami menyelenggarakan Parent Class” .Ini merupakan program yang pertama kali kami lakukan dengan orang tua di sekolah kami :”ujar Sastro selaku Kepala SDN Bubutan IV Surabaya. Kegiatan ini di mulai hari Kamis, 7 Juni sampai dengan Jum’at, 8 Juni 2018 pukul 07.00 hingga pukul 09.30.

 

Ini adalah Momen yang sangat tepat untuk memberikan pengetahuan terhadap orang tua tentang bagimana mendidik putra putri mereka sesuai denga perkembangannya”, ungkap Mantan Kepala SDN Babatan V tersebut.

 

Sejumlah enam ratus dua orang tua siswa akan mendapatkan wawasan Pendidikan anak yang akan disampaikan oleh nara sumber dari Komnasham Perlindungan anak Surabaya . Pelaksanaan hari pertama season 1 diikuti oleh orang tua siswa kelas I,II dan III sedangkan pada season 2 diikuti oleh orang tua siswa kelas IV dan V “ kata Nurul Firnaningsih selaku guru kelas I di sekolah ini.

 

Materi yang disampaikan pada tiap season berbeda.Pada Season kedua akan dilanjutkan dengan pembekalan orang tua tentang bahaya narkoba oleh BNN Kota Surabaya. Pemberian pembekalan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pembekalan Anti Narkoba pada siswa dan orang tua yang dilaksanakan pada dua bulan yang lalu.

 

“Kegiatan ini selain mengajak orang tua siswa untuk berpartisipasi dalam pendidikan, juga mengajak orang tua selalu waspada dalam memerangi narkoba yang dimulai dalam lingkungan keluarga”,   ujar Sastro. (Humas Dispendik Surabaya)