Kamis (31/05/2018) suasana di halaman SDN Bubutan IV Surabaya tampak ramai tidak seperti biasanya. Suara sorak tepuk terdengar dari kejauhan begitu semaraknya.

 

Sesekali juga, terdengar tertawa khas anak yang begitu bahagia. Nampaknya siswa-siswi merasa senang dan gembira .Ini terlihat dari raut muka mereka yang berseri-seri penuh keceriaan.Mengapa demikian?.

 

Sejak pukul 06.00 Wib mereka sudah bersiap-siap duduk dengan tertib di karpet biru yang digelar oleh petugas. Sekitar delapan ratus siswa-siswi SDN Bubutan IV Surabaya sudah siap mendengarkan dongeng yang akan dibawakan oleh Kak Dina dari Yayasan Kampong Dongeng Jakarta.

 

Kali ini Kak Dina akan mendongeng dengan Judul “Siti Sang Pecinta Lingkungan“ Dongeng ini menceritakan seorang anak yang sangat peduli terhadap lingkungan. Kebiasanya yang dilakukan Siti adalah memulai hidup bersih dari diri sendiri, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Suatu ketika Siti menemukan sampah berserakkan di jalan tanpa pikir panjang siti mengambilnya dan memasukkan sampah tersebut pada tempat sampah yang ada.

 

Titik Sumarti sebagai penanggung jawab kesiswaan mengatakan bahwa melalui dongeng ini memberikan pelajaran kepada siswa memiliki sikap kepedulian terhadap lingkungan. Mereka dapat mencontoh sikap dari tokoh baik yang terdapat dalam dongeng tersebut. Selain itu melalui dongeng siswa dilatih untuk berimajinasi dari cerita yang mereka dengar.

 

Sastro kepala SDN Bubutan IV mengungkapkan kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi pengembangan intelektual anak khususnya dalam budaya literasi mendengarkan. Harapan dari kegiatan ini selain bermanfaat bagi siswa juga dapat menginspirasi guru dalam memberikan materi pelajaran melalui mendongeng di dalam kelas.

 

 

“Siswa menjadi lebih senang dalam mengikuti pembelajaran setelah mengikuti kegiatan ini ”, ujar Sastro. (Humas Dispendik Surabaya)