Kegiatan akhir Kelas VI dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang Pentas Seni di Sekolah, syukuran dengan makan bersama, ataupun kegiatan luar sekolah yang memanfaatkan beragam fasilitas umum Surabaya.

 

Berbagai macam istilah digunakan. Ada yang menamakan dengan Wisuda, Perpisahan siswa Kelas VI, Pelepasan Siswa Kelas VI, Penyerahan Kembali Siswa Kelas VI kepada Orang tua, dan ada yang menyebut Purna Siswa.

 

Inti dari kegiatan tersebut adalah rasa syukur karena siswa Kelas VI yang selama lebih kurang 6 tahun mendapatkan bimbingan dari Bapak/Ibu Guru. Sekolah sebagai wahana Kegiatan Belajar mengajar telah menanamkan konsep tidak hanya meberikan Ilmu Pengetahuan. Ketrampilan untuk hidup mandiri dan pendidikan Karakter berupa sikap/perilaku yang sesuai norma agama, sosial, dan susila.

 

Siswa SDN Lakbansa (Bulak Banteng I/263) melaksanakan Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran 2017-2018 bagi siswa Kelas VI dengan berkunjung ke Taman Prestasi. Di tempat ini perwakilan siswa Kelas VI menyampaikan kesan-pesan selama menjadi siswa di Lakbansa.

 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru dan minta maaf atas segala kesalahan selama ini” sambut Zufar, Senin (07/05/2018).

 

Acara menarik lainnya adalah tukar menukar kado. Ada siswa laki-laki yang mendapat boneka. Teman yang lain tertawa. Ada juga siswa laki-laki yang mendapat kerudung. Dia Kecewa. Saat ditanya langsung dijawab, “Ini untuk Ibu Saya !” .

 

Kepala SDN Lakbansa (Rudy Sugeng Prayitno) dalam kata sambutan, "Semua Siswa Kelas VI yang sudah lulus harus melanjutkan Sekolah ke SMP/Tsanawiyah/Pondok. Jangan ada satupun yang tidak Sekolah” Mengingat ada diantara siswa yang berniat untuk tidak melanjutkan karena malas dan pengaruh lingkungan. Bapak/Ibu Guru akan terus mengawal agar siswa tidak ada yang putus sekolah.

 

Acara masih dilanjutkan ke Taman Harmoni di Keputih Surabaya. Di tempat ini siswa diajak menikmati hutan bambu. Dulu tempat ini merupakan tempat pembuangan Sampah. Juga ada wahana permainan untuk ukuran siswa kelas VI dan dewasa. Ternyata ada beberapa siswa yang menangkap Bunglon. Bapak/Ibu guru meminta kepada siswa untuk melepaskan Hewan tangkapan ke habitatnya.

 

Cinta Lingkungan dan menjaga kebersihan agar dijadikan bekal siswa untuk melanjutkan ke jenjang Sekolah yang lebih tinggi. Akhir acara siswa menghabiskan waktu di Wahana Baru Atlantic Land untuk bermain air hingga sore di Kenjeran Surabaya. (Humas Dispendik Surabaya)