Mulai pukul 07.30 WIB pagi tadi Rabu (14/02/2018) sebanyak 100 kader UKS SMP/MTs se-Surabaya awali aktifitas dengan mengikuti senam UKS bersama di ruang aula Wahidin Sudirohusodo kantor Dinas Pendidian Kota Surabaya (Dispendik).

 

“Setelah memberikan pelatihan kepada sekolah negeri, kini berganti sekolah swasta”, ujar Damaris Padmiasih Kasi Kesenian dan Olahraga Dispendik.

 

Damaris mengutarakan program pelatihan UKS tidak hanya ditujukan kepada para siswa namun mulai dari pendidik TK/PAUD hingga guru SMP pun mendapatkan pelatihan UKS. Menurutnya pelatihan UKS tersebut bertujuan secara umum untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya. 

 

“Kita ingin para siswa tidak hanya pandai secara intelektual namun juga memiliki fisik dan jiwa raga yang kuat”.

 

Damaris menambahkan, fungsi UKS yang sangat penting adalah memupuk, membudayakan kebiasaan hidupbersih dan sehat pada anak sekolah agar memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan untuk melaksanakan hidup sehat dan lebih lanjut agar berperan serta dalam peningkatan kesehatan baik di sekolah, rumah tangga maupun lingkungan.

 

Dengan  8 gol UKS generasi muda terbebas dari anemia, kecacingan, kenakalan remaja, kehamilan pra nikah, HIV/AIDS, narkoba, rokok, hepatitis B”, pungkas Damaris. (Humas Dispendik Surabaya)