Pelaksanaan ujian sekolah dan ujian nasional tinggal menghitung hari, berbagai persiapan telah dilakukan Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) salah satunya dengan memberikan pelatihan guru setiap mata pelajaran (mapel) untuk segera menyusun kisi-kisi soal.

 

“Setelah dilatih diharapkan para guru mampu mengimbaskan pengalamnnya kepada para guru lainnya di sekolah”, ujar Kepala Bidang Sekolah Menengah Sudarminto ketika membuka pelatihan penyusunan kisi-kisi soal UN mapel IPA di aula Bung Tomo, siang tadi Selasa (09/01/2018).

 

Sudarminto menyampaikan, dengan bekal pengalaman yang didapatkan selama pelatihan guru dapat mengembangkan kisi-kisi soal tersebut untuk dapat digunakan latihan siswa.

 

“Dengan persiapan yang matang, para siswa menggunakan kisi-kisi soal latihan untuk memperoleh  hasil UN yang memuaskan”.

 

Sementara itu, Syva  instruktur pelatihan mengungkapkan memang ada perbedaan dalam pelaksanaan ujian nasional mendatang, jika tahun lalu (2017, red) hanya tiga mapel utama yang diujikan maka pada tahun ini semua mapel juga turut dujikan mengingat ujian nasional saat ini bukan sebagai penentu kelulusan tetapi lebih jauh melihat kompetensi masing-masing sekolah.

 

“Melalui bintek dan pelatihan ini, akan membedah materi dari setiap kompetensi dasar (KD) terutama yang terdapat di kurikulum 2013”. (Humas Dispendik Surabaya)