Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) hari ini, Jumat (05/07/2019) menerima sejumlah rombongan anggota DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

 

Rombongan yang berasal dari Komisi II DPRD Kota Tangsel  dalam rangka koordinasi dan konsultasi berkaitan dengan tata kelola Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

 

Sekretaris Dispendik Surabaya Aston Tambunan menjelaskan kedatangan Komisi II DPRD Tangsel adalah untuk melihat langsung implementasi pengelolaan BOS di Surabaya. Menurutnya, baik BOS ataupun Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (BOPDA) Surabaya telah dikelola secara tersistem dengan menggunakan aplikasi online.

 

“Kami mengelolan BOS ataupun BOPDA/BOSDA menggunakan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah”, terang Aston.

 

Dikatakan Aston, Kepala Sekolah di Surabaya sudah menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), pengelolaan BOS langsung dikelola sekolah masing-masing berdasarkan kebutuhan pendidikan saat ini.

 

“Di Surabaya sumber pendanaan sekolah ada dua yakni lewat BOS dan BOPDA, sehingga di sekolah negeri sudah tidak ada lagi pungutan”, ungkap Aston. (Humas Dispendik Surabaya) 

Sekitar 40 siswa dari jenjang SD dan SMP di Kota Surabaya akan mengikuti Festival Dalang Bocah tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Kabupaten Ponorogo pada Sabtu (6/7/2019) besok. Kontingen tersebut dilepas oleh Sekretaris Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Aston Tambunan didampingi Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Masyarakat, Kesenian dan Olahraga Pendidikan (PDKOP) Thussy Apriliyandari, Jumat (05/07/2019).

 

Aston meminta kepada seluruh kontingen untuk memberikan yang terbaik saat tampil di Ponorogo. Apalagi, seluruh kontingen ini mewakili nama Kota Surabaya. “Harus bisa juara di Ponorogo. Dan anggap dirimu sudah juara sekarang ini. Selalu motivasi diri kalian, bahwa kalian bisa,” kata Aston.

 

Aston pun sempat mengundang salah satu perwakilan kontingen untuk memberikan motivasi kepada rekan-rekan yang lain, termasuk membuat yel-yel. “Ketika turun dari bus di hari pertandingan, yel-yel ini jadikan semangat bertanding. Jangan pernah minder. Mohon dukungan dari guru pendamping dan orang tua,” ujarnya.

 

Kabid PDKOP Dispendik Surabaya Thussy Apriliyandari mengingatkan kepada seluruh kontingen Kota Surabaya dalam Festival Dalang Bocah tingkat Jatim untuk selalu menjaga kondisi dan kesehatan. “Istirahat yang cukup. Jaga kondisi dan kesehatan. Obat-obatan pribadi yang dibutuhkan jangan lupa dibawa,” jelasnya.

 

Sebelumnya, dalam kesempatan itu Dispendik Kota Surabaya memberikan trofi dan piagam kepada pemenang Pekan Seni Pelajar (PSP) tingkat Kota Surabaya. Sekaligus memberikan trofi kepada beberapa pemenang lomba pengisi liburan yang diadakan beberapa waktu lalu. (Humas Dispendik Surabaya)

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Dokumen I Kurikulum tahap I bagi koordinator urusan kurikulum jenjang SD negeri dan swasta. Kegiatan dibagi ke dalam beberapa gelombang mulai Selasa (02/07/2019) sampai Kamis (04/07/2019).

Kepala Seksi Kurikulum Sekolah Dasar (Sekdas) Dispendik Kota Surabaya Munaiyah mengatakan, Bimtek tahap I ini hanya mengundang koordinator urusan kurikulum. Pada kegiatan Bimtek tahap II akan mengundang koordinator urusan kurikulum, kepala sekolah, serta tenaga administrasi sekolah.

“Tahap III nanti tidak bisa lagi dikatakan sebagai Bimtek, karena sudah masuk finalisasi. Tinggal verifikasi dan validasi dokumen dari pengawas,” kata Munaiyah saat membuka kegiatan di Aula Bung Tomo, Kamis (04/07/2019).

Menurut dia, tahun ini merupakan tahun ketiga Dispendik Kota Surabaya memfasilitasi sekolah dalam verifikasi dan validai dokumen kurikulum. Dengan begitu, tidak ada alasan lagi bagi sekolah sulit menemui pengawas sekolah.

Dengan alur yang demikian, Munaiyah berharap pada bulan Agustus minggu ketiga dokumen I sudah bisa disahkan oleh Kepala Dispendik Kota Surabaya. (Humas Dispendik Surabaya)

Subcategories

Ini adalah berita dari Sekretariat Dinas Pendidikan