Puncak peringatan HUT RI ke-72 di Surabaya akan berlangsung melalui upacara bendera di Halaman Taman Surya. Tidak hanya upacara namun acara juga akan diisi dengan pagelaran operet dan konser musik siswa.

 

“Usai pulang sekolah, setiap harinya para siswa berlatih dengan serius”, ujar Damaris Padmiasih Kasi Kesenian dan Olahraga Pendidikan Dispendik ketika mendampingi para siswa latihan, Sabtu (12/08) di halaman kantor Dispendik.

 

Damaris mengungkapkan, bahwa sebanyak 700 siswa terlibat dalam operet yang bertajuk “Indonesia Tanah Airku” tersebut. Pada operet tersebut nantinya akan menampilkan kolaborasi antara paduan suara, konser musik, dan drama siswa.

 

“Kami berharap melalui pertunjukkan operet tersebut juga mampu menanamkan rasa nasionalisme kebangsaan yang merupakan salah satu pendidikan karakter siswa”.

 

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD, Penmas, Kesenian dan Olahraga Pendidikan Siti Asiyah Agustini menyampaikan bakat dan keterampilan siswa di bidang seni patut untuk terus kita dorong dan apresiasi bersama. Keberhasilan para siswa tidak hanya dapat diraih melalui prestasi akademik saja, namun non akademik kini juga menjadi peluang dalam meraih impian masa depan.

 

“Ini merupakan wadah dalam mengembangkan kemampuan siswa, mari kita dorong bersama”.

 

Selain itu, Asiyah juga menerangkan akan pentingnya menanamkan nilai-nilai nasionalisme salah satunya lewat bidang kesenian. Menurutnya, rasa nasionalisme  kepada siswa yang kini mulai luntur akabit tergerus kemajuan zaman yang semakin modern.

 

“Salah satu filter yang saat ini dianggap paling tepat yaitu lewat implementasi dari pendidikan karakter itu sendiri baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat luas”, pungkas Asiyah (Humas Dispendik Surabaya)