Dihadapan para juri Widi Astuti paparkan program sekolah satu persatu. Kepala SDN Karah III tersebut bersama 13 SD lainnya tengah lakukan presentasi Lomba Sekolah Budaya Mutu hari ini, Sabtu (12/08) di ruang Ki Hajar Dewantara kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) Jl. Jagir Wonokromo 354-356.

 

“Sebanyak 14 SD baik negeri maupun swasta tengah ikuti proses presentasi Lomba Budaya Mutu”, tutur Agnes Warsiati Kepala Bidang Sekolah Dasar.

 

Agnes menjelaskan Budaya mutu sekolah merupakan faktor yang penting dalam membentuk siswa menjadi manusia yang memiliki sikap penuh optimisme, berani, terampil, berperilaku kooperatif,  ulet, disiplin, beretos kerja tinggi, dan pandai menangkap peluang.

 

Menurutnya, sekolah yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa variabel seperti perolehan nilai akademik, perilaku siswa, proses pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler, kondisi fisik sekolah, kinerja perpustakaan, lingkungan sekolah,  budaya sekolah, lingkungan sekolah sehat, dan manajemen sekolahnya, yang berpengaruh terhadap kinerja individu dan mutu sekolah itu sendiri.

 

Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar merupakan apresiasi dan motivasi yang bermuara mewujudkan prestasi, pengembangan bakat, maupun kepribadian siswa”.

 

Sementara itu, Martadi salah seorang juri mengugkapkan nafas dari Lomba Budaya Mutu itu sendiri terletak pada mendorong percepatan dan pemerataan mutu dan kualitas pendidikan pada sekolah-sekolah di Surabaya.

 

Pakar pendidikan asal UNESA tersebut berujar sekolah budaya mutu itu sendiri tidak hanya mengimplementasikan proses pembelajaran secara parsial namun harus komprehensif, mulai dari budaya sekolahnya, progam lingkungan, MBS, sampai dengan program kesehatan lewat UKS.

 

“Budaya mutu merupakan wujud penggambaran sekolah ideal”, jelas Martadi.

 

       Martadi menambahkan Budaya Mutu Sekolah tercermin pada: (1) Mutu pembelajaran;  (2) Mutu ekstrakurikuler, (3) Mutu MBS, (4) Mutu pengelolaan perpustakaan dalam menumbuh kembangkan budaya literasi, dan (5) Mutu Sekolah Sehat. (Humas Dispendik Surabaya)