Bulan Ramadhan identik dengan bulan dimana semua ibadah kita dilipatgandakan. Kali ini, TK Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) adakan pondok Ramadhan yang berlangsung mulai 12 - 13 Juni 2017.

 

Dengan mengenakan  busana muslim para sisw mengikuti kegiatan pondok Ramadhan dengan tertib. Hari pertama di pondok Ramadhan, siswa/i  belajar dan mempraktekkan adzan dan iqomah, membaca dan mempraktikkan niat puasa dan doa berbuka puasa.

 

Selanjutnya acara ditutup dengan menonton film tentang puasa. Anak – anak sangat menyukai acara ini karena mereka bisa melihat film kesukaan mereka, yaitu Upin Ipin. Bukan hanya sekedar tontonan, tapi juga tontonan tentang bulan puasa, mulai sahur , godaan ketika berpuasa dan saat berbuka puasa.

 

Hari kedua diisi cara berwudhu, cara sholat dan membaca surat – surat pendek. Doa orang tua, dunia akhirat, kalimat thoyibah dan bacaan istighfar. Hampir 90 % siswa/i TK Dharma Wanita Persatuan hafal doa tersebut.

 

Rabu, (14/06)  siswa dan siswi TK Dharma Wanita Persatuan berkunjung ke panti asuhan Nurul Hayat yang terletak di Perum IKIP, Gunung anyar. Tujuannya untuk menyalurkan dana infaq yang sengaja anak – anak kumpulkan setiap hari Jum’at.

 

Bantuan tersebut kemudian disalurkan ke panti asuhan Nurul Hayat untuk membantu kebutuhan teman – teman yang tinggal di Panti Asuhan Nurul Hayat. Sambutan yang diterima oleh siswa/i TK Dharma Wanita Persatuan sangat baik. Kami diterima oleh Ustadz Islah, Ustadz Islah juga mengajak kami berkeliling ke panti asuhan. Ternyata, anak – anak panti asuhan tidak hanya berasal dari Surabaya, tetapi ada juga yang berasal dari Sidoarjo. Hebatnya lagi, mereka sudah hafal surat – surat pendek Juz 30.

 

Di pagi hari, mereka belajar di sekolah seperti biasa, di sore hari mereka menyetor hafalan mereka. Ustadz Islah info, minimal mereka harus menyetor hafalan surat pendek minimal 4 ayat. Para wali muridpun tidak mau ketinggalan, mereka menyisihkan sebagian rejeki untuk membantu teman – teman di panti asuhan. Adapun bantuan yang disalurkan berupa uang, beras dan alat – alat sekolah. (Humas Dispendik Surabaya)