Dalam menyambut bulan Ramadhan sebagian besar sekolah menggelar kegiatan pondok Ramadhan. Kegiatan tersebut meliputi Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, Praktik Sholat, Hafalan Doa-doa Harian, dan Penugasan kepada siswa. Hal ini sebagai perwujudan Pelaksanaan KI-1 dalam K-13 yang sesungguhnya.

 

Materi KI-3 berupa Pengetahuan juga diterapkan dalam bentuk penayangan video pembelajaran, Untuk melaksanakan kegiatan KI-4 dilaksanakan dengan model Penugasan yaitu siswa membuat catatan ringkas untuk disampaikan kepada orang tua. Sesion 1 berlangsung selama lima hari.

 

Pelaksanaan KI-2 yaitu Sikap Sosial untuk tahun ini siswa dan guru mengadakan Bakti Sosial ke Liponsos-Keputih Surabaya. Kegaiatan ini diikuti oleh 118 siswa dan 25 guru/karyawan. Siswa memberikan bingkisan langsung berupa makanan dan pakaian siap pakai. Guru dan Karyawan SDN Bulak Rukem I No. 258 tidak ketinggalan ikut pula menyumbang Pakaian Pantas Pakai dan Makanan Instan, Kamis 15 Juni 2017. Ini kegiatan sesion 2 di luar sekolah.

 

Singgih (Wakil dari Liponsos), menerangkan daya tamping Liponoso mencapai 1594 orang dengan rincian 880 orang gangguan jiwa laki-laki, 430 untuk perempuan. Kelompok Gepeng (Gelandangan dan Pengemis) sebanyak 260 orang. Adapun 20 orang terdiri atas Anjal/Anak Jalanan dll. Mereka berasal dari hasil razia yang dilakukan Satpol PP Pemkot Surabaya, Linmas, Kepolisian dan Instansi Lain.

 

Siswa dan guru telah ditunjukkan kondisi ini secara langsung dengan berkeliling, agar selalu tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dari Pak Singgih juga disampaikan agar siswa selalu rajin belajar dan tidak keluar malam dan berkumpul di area terbuka melebihi pukul 21.00 tanpa ada pendampingan orang tua.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan dengan Sholat Ashar berjamaah, Baca Al Quran, Takjil, Sholat Magrib, Buka bersama, Sholat Isya’, Mendengarkan Ceramah, dan Tarawih di Masjid Agung  Surabaya. (Humas Dispendik Surabaya)