Dalam rangka memperlancar proses belajar mengajar Tahun Pelajaran 2012 – 2013 sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 39 Tahun 2009 Tentang Pemenuhan Beban Mengajar Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan, maka disampaikan  beberapa hal sebagai berikut :

 

  1. Surat Keputusan Proses Belajar Mengajar (SKPBM) berlaku selama 1 (satu) tahun pelajaran, apabila terdapat perubahan dapat dilakukan revisi.
  2. SKPBM wajib diusulkan pada awal tahun pelajaran (toleransi 3 bulan setelah Tahun Pelajaran 2012-2013 dimulai) dari kepala sekolah setelah melalui Verifikasi oleh Pengawas Pembina.
  3. Pendukung SKPBM apabila terdapat guru yang mengajar lebih dari satu (satu) sekolah disimpan di Sekolah Induk (Satmikal) dan menjadi tanggung jawab Sekolah Induk (Satmikal)
  4. Format (Konsideran dan Lampiran) SKPBM tahun pelajaran 2011–2012 dapat   download http://dispendiksurabaya.wordpress.com)
  5. Berkas SKPBM dikirim ke : Bidang Ketenagaan, Dinas Pendidikan Kota Surabaya Jl. Jagir Wonokromo 356 Surabayadengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Lembaga SMP/SMA/SMK Negeri/Swasta

 

Masing-masing sekolah mengirim Konsideran dan Lampiran sebanyak 2 (Dua) berkas, setelah terlebih dahulu 1 (satu) berkas diparaf Pengawas Pembina

 

  1. Lembaga TK/SD Negeri/Swasta

 

  • Masing-masing sekolah mengirim Konsideran dan Lampiran sebanyak 2 (Dua) berkas, setelah terlebih dahulu 1 (satu) berkas diparaf Pengawas Pembina

 

Dikoordinir oleh UPTD-BPS Kecamatan dijadikan 1(satu) odner untuk seluruh TK Negeri/Swasta se Kecamatan dan dijadikan 1(satu) odner untuk seluruh SD Negeri/Swasta se Kecamatan

 

DOWNLOAD FORMAT SKPBM

=================================== CATATAN  =====================================
PARAF PENGAWAS SEBELAH KIRI BAWAH NAMA KEPALA DINAS
==================================================================================


JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud akan melakukan tes ulang kepada lebih dari satu juta guru yang sudah tersertifikasi dan mendapat tunjangan profesi.

Syawal Gultom selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik Kemdikbud (Kepala BPSDMP dan PMP Kemdikbud) mengatakan, sebanyak 1.020.000 guru itu akan dites ulang sebagai konsekuensi atas peningkatan kualitas mengajar setelah mendapat pendapatan tambahan dari tunjangan profesi.

"Bagaimana perancangan dan pembelajarannya. Dengan tes ulang ini, kita bisa yakin apakah kualitas guru itu naik atau tidak," kata Syawal di gedung Kemdikbud, Rabu (30/5/2012).

Ia menjelaskan, tes ulang yang akan digelar ini berbeda dengan uji kompetensi awal (UKA). Dalam uji kompetensi, guru berjuang untuk mendapatkan kursi pelatihan dan mendapat sertifikasi. Adapun di tes ulangan ini Kemdikbud hanya akan mengevaluasi penguasaan materi ajar dan pedagogisnya.

"Berbeda dengan UKA, ujian ini hanya untuk mengevaluasi," ujarnya.

Walau demikian, sampai saat ini menurutnya jadwal ujian ulangan ini belum ditentukan. Pasalnya, Kemdikbud masih terus mengurus hal-hal teknis, seperti pembuatan soal dan verifikasi data peserta.

Proses ujian sendiri, lanjut Syawal, dapat dilakukan secara online dan offline. Untuk yang online, soal akan dibuat secara acak melalui komputer, dan hasil ujiannya dapat diketahui langsung setelah ujian berakhir.

Namun, peserta di daerah yang belum mempunyai fasilitas tersebut akan melakukan tes secara tertulis.

"Yang pasti digelar tahun ini karena ujian ini dilakukan untuk pemetaan guru yang berkompeten dan belum," ungkapnya.


SURABAYA I SURYA Online - Pengumuman kelulusan bagi siswa di Surabaya tahun ini lebih praktis dan mudah. Bahkan untuk pertama kalinya di Indonesia, pengumuman kelulusan bagi siswa akan diumumkan melalui website resmi Dinas Pendidikan Surabaya.

Pengumuman kelulusan ini akan diumumkan melalui website ppdbsurabaya.net. Daftar siswa yang lulus di setiap sekolah dan jenjang masing-masing itu akan dimuat di situs ini. Sistem kelulusan ini inklud atau disinergiskan dengan website penerimaan peserta didik baru.

Situs ini memuat pedoman, tata cara, pagu, dan statistik Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Namun pada pengumuman kelulusan SMA pada 26, dimuat pula pengumuman kelulusan. "Pertama di indonesia pengumuman kelulusan siswa lewat internet," kata Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan, Minggu (20/5/2012).

Semua data kelulusan siswa tersebut bisa dicek melalui situs PPDB ini. Alamat www.ppdbsurabaya.net. "Tak hanya data siswa lulus, nilai siswa juga akan dimuat di situs kami," tambah Ikhsan.

Sebelumnya, sekolah-sekolah di Surabaya sudah memastikan akan menyampaikan kelulusan siswanya melalui online. Namun demikian, surat resmi juga akan diantar ke rumah masing-masing siswa sebagai pertanda kelulusan.

Subcategories

Ini adalah berita dari Sekretariat Dinas Pendidikan