Detiksurabaya.com

30 Mei 2010


Surabaya - Berbagai upaya dilakukan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) untuk meningkatkan minat baca pada anak dan masyarakat. Salah satunya membangun Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di berbagai tempat publik.



Kini Kemendiknas merangkul management mall untuk menyediakan tempat membaca.



"Dengan TBM di mall, diharapkan masyarakat dapat memperoleh pengetahuan yang bermanfaat serta lebih flksibel meskipun sambil berbelanja atau berjalan-jalan," kata Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh dalam pembukaan TBM di City of Tomorrow (CITO), Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu (30/5/2010).



TBM di mall, kata M Nuh, merupakan bagian dari upaya menumbuhkan minat baca di pertokoan. "Harus ada budaya membaca di mana-mana. Karena minat baca masyarakat kita sangat rendah. Oleh karena itu, mulai sekarang kita akan mulai menggalakkannya," imbuhnya.



Sementara alasan pemilihan TBM di pusat perbelanjaan, M Nuh menganggap sebuah pilihan karena dilihat dari kecenderungan masyarakat yang secara rutin mengunjungi pusat belanja untuk memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.



Pilihan mendirikan taman bacaan di pusat perbelanjaan, karena 50% remaja sering pergi ke mall dan 25% anak-anak serta 25% orang dewasa. "Jadi anak-anak tidak hanya ikut-ikutan orang tua ke mal dan para remaja bisa diarahkan beraktivitas positif karena berada di pusat belanja," pungkasnya. (ze/fat)
Bantuan Hibah Biaya Operasional untuk Sekolah setingkat SD/SDLB/MI/ULA dan SMP/SMPLB/MTs/WUSTHO Kota Surabaya sudah bisa dicairkan.

Surabaya, 26 Mei 2010
Kepala Bidang Pendidikan Dasar

ttd.

Dra. Eko Prasetyoningsih, M.Pd
Pembina
Surya Online, 20 Mei 2010

SMAN RSBI juga Naik, Yang Reguler Turun

Tahun ini, pagu siswa SMPN dan SMKN naik. Untuk SMAN, yang naik hanya RSBI, sedangkan yang reguler turun.

Pagu SMPN tahun ini 13.480 atau meningkat 1.130 kursi dibanding tahun lalu (12.350). Sedangkan SMKN, tahun ini menyediakan 7.742 kursi bagi calon siswa, bertambah 440 dibanding tahun sebelumnya (7.302).

Ketua PSB Online Surabaya 2010 Ruddy Winarko menyatakan, tambahan pagu ini seiring adanya SMP baru, jurusan baru di SMK, dan perubahan status SMA RSBI. Yang paling banyak tambahan pagunya adalah SMP, karena tahun ini Dindik membuka empat SMPN baru, yakni SMPN 46, 47, 48 dan 49, Masing-masing sekolah ini menyediakan 114 bangku bagi siswa baru. Selain itu, beberapa SMPN lama juga menambah pagu karena kapasitas memadai.

Sejumlah SMKN juga membuka program keahlian atau jurusan baru, seperti beauty therapi di SMKN 6 dan teknik gambar bagunan di SMKN 7.

Di level SMAN, pagu untuk yang reguler tahun ini hanya 5.876, menurun 128 kursi jika dibandingkan tahun lalu (6.004 bangku). Yang meningkat justru SMAN RSBI, dari 576 menjadi 896 bangku tahun ini. Ini karena pada 2010 ini ada satu lagi SMAN yang menyandang status RSBI, yakni SMAN 2. Dengan demikian tahun ini ada tiga SMAN RSBI, yakni SMAN 5, SMAN 15, dan SMAN 2.

SMAN 2 dan 5 masing-masing menyediakan 288 bangku, sedangkan SMAN 15 sebanyak 320 bangku. Data pagu masing-masing sekolah tahun ini bisa dilihat secara langsung di website PSB Online www.psbsurabaya.com.


Peningkatan jumlah pagu sekolah-sekolah negeri di Surabaya tahun ini sebenarnya masih belum memadai jika dibanding jumlah lulusan SD (kelas VI) dan SMP (kelas IX). Pada 2010 ini saja ada sekitar 37.748 siswa kelas IX yang siap melanjutkan ke SMAN atau SMKN. Sedangkan lulusan SD yang siap melanjutkan ke SMPN 41.139 siswa.

Ketua II Dewan Pendidikan Surabaya Isa Ansori menyayangkan menurunnya pagu SMAN reguler. ”Dengan menurunnya pagu SMAN reguler, peluang masyarakat miskin untuk mendapat sekolah layak di sekolah negeri juga berkurang. Apalagi, kalau RSBI banyak diserbu siswa dari keluarga mampu yang juga bisa mendaftar lagi ke SMAN reguler, jika gagal di RSBI,” ujarnya.

Pendaftaran PSB online mulai berlangsung pada 21 Juni 2010. Jadwal pendaftaran dibagi dalam dua kelompok besar. Pendaftaran jalur RSBI, RSBI Prestasi, RSBI luar kota, Rekomendasi, PSB Prestasi, dan PSB inklusi dibuka lebih awal mulai 21 Juni hingga 23 Juni 2010. Pengumuman Penerimaan jalur khusus itu pada 25 Juni 2010. Khusus pengumuman RSBI luar kota dan jalur rekomendasi Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia, pengumuman diberikan pada 23 Juni 2010 dan 24 Juni 2010.

Gelombang berikutnya berlaku bagi jalur PSB regular yang dibuka 1-3 Juli 2010. Pengumuman penerimaan jalur reguler pada 5 Juni 2010. Tahun pelajaran baru 2010/2011 akan bergulir mulai 12 Juli 2010.(nrey)

Subcategories

Ini adalah berita dari Sekretariat Dinas Pendidikan