Pentingnya menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme sejak dini kepada siswa diharapkan dapat menumbuhkan karakter dan kepribadian yang unggul dan mampu menghadapi berbagai tantangan zaman.

 

Hal tersebutlah yang dilakukan oleh SMP PGRI 6 dengan mengundang para veteran untuk memberikan semangat dan motivasi kepada puluhan pelajar SMP yang terletak di kawasan Surabaya utara tersebut.

 

Jiwa patriotisme dan  nasionalisme  kini mulai luntur, oleh sebab itu diharapkan para veteran ini mampu membakar kembali semangat patriotisme dan  nasionalisme  para siswa untuk menjadi pelaajar yang tangguh”, ujar Banu Atmoko Kepala SMP PGRI 6 (13/05).

 

Sementara itu, Suwanto Ketua LVRI Kec. Semampir berujar bahwa para siswa harus giat belajar untuk meraih kesuksesan, karena saat ini peperang buaa di medan pertempuran seperti zaman penjajahan dahulu, namun saat ini ialah peperangan melawan kebodohan dan kemiskinan serta mampu bersaing menghadapi tantangan global.

 

Suwanto menambahkan, agar para pelajar untuk menjauhi narkoba dan minuman keras karena hal tersebutlah yang nantinya akan merusak generasi muda mendatang.

 

Pada kesempatan ini, para veteran juga mengajak para siswa untuk menyanyian lagu perjuangan serta turut berdoa agar rajin dan taat belajar, serta yang kelas 9 lulus UNBK dengan nilai terbaik dan dapat masuk di SMA/SMK yang menjadi pilihan. (Humas Dispendik Surabaya)

 

 

Sebanyak 10 finalis lomba gugus PAUD berprestasi 2017, hari ini Selasa (16/05) masuki tahapan paparan presentasi setelah mereka melewati seleksi cukup ketat. Dari 1.700 pendidik TK/PAUD 10 finalis tersebut akan diambil yang terbaik untuk diikutkan mewakili Surabaya dalam lomba gugus PAUD berprestasi tingkat provinsi.

 

“Mereka yang masuk The Best Ten ini akan memaparkan program lembaganya kepada para dewan juri”, tutur tutur Siti Asiyah Agustini Kepala Bidang PAUD, Penmas, Kesenian dan Olahraga Pendidikan Dispendik Surabaya.

 

Asiyah menerangkan sebelum mengikuti pada tahapan pemaparan materi, para lembaga tersebut menyerahkan profil portofolio untuk dinilai, selanjutnya dilakukan oleh verifikasi dan visitasi dilapangan oleh tim juri.

 

“Dari 31 kecamatan diambil 10 finalis terbaik”.

 

Sementara itu, Yuli Poernomo salah seorang juri mengungkapkan pada tahap presentasi ini ada beberapa hal yang akan dinilai oleh para tim juri diantaranya, penyajian materi prasentasi, performance, sampai dengan ketepatan waktu pada saat pemaparan materi.

 

“Para peserta di beri waktu 10 menit untuk memaparkan program lembaga dan 10 menit lagi untuk sesi tanya jawab”.

 

Yuli menambahkan, tidak hanya para peserta yang harus mematuhi tata tertib (tatib) lomba, para tim juri pun juga harus mematuhi tatib dalam melakukan penilaian kepada peserta. Tatib, untuk juri diantaranya juri tidak diperkenankan untuk berbicara dengan sesama juri, selain itu para juri juga tidak diperbolehkan menggunakan alat komunikasi selular selama lomba berlangsung.

 

“Tatib ini merupakan kesepakatan bersama antara para peserta juri dengan peserta lomba”, pungkas Yuli. (Humas Dispendik Surabaya)

Sudah menjadi agenda rutin bagi setiap sub rayon untuk menyerahkan Lembar Jawaban Komputer (LJK) ujian sekolah (US) ke Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya setiap harinya selama masa pelaksanaan US.

 

Siang tadi, Senin (15/05) ketika US selesai 31 sub rayon langsung serahkan LJK siswa.

 

“Disini Dispendik memverifikasi LJK kemudian selanjutnya dilakukan scanning”, ujar Munaiyah Kasi Kurikulum Sekolah Dasar.

 

Munaiyah menerangkan meskipun menggunakan paper based test (PBT) pelaksanaan US di Surabaya juga dapat langsung terpantau melalui posko, setiap sub rayon mengirimkan laporan pelaksanaan US dari sekolah penyelenggara dengan memanfaatkan medi sosial sebagai jalur komunikasi.

 

“Dengan demikian diharapkan pelaksanaan US dapat berjalan dengan lancar sampai selesai”.

 

Muniyah menambahkan sebelum para ketua sub rayon meninggalkan tempat pengumpulan sementara LJK di Dispendik, ketua sub rayon harus menandatangi berkas serah terima LJK.

 

"Setelah sesuai, berkas serah terima akan di stempel dan ditandangani  oleh petugas Dispendik", tuturnya. (Humas Dispendik Surabaya)

Subcategories

Ini adalah berita dari Sekretariat Dinas Pendidikan