Sebanyak 145 siswa dari berbagai SD tadi sore, Senin (13/02) memadati lapangan tengah kantor Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya, mereka datang selepas pulang sekolah untuk latihan menari Remo guna menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 di Pantai Cumpat Kecamatan Bulak Surabaya pada tanggal 21 Februari mendatang.

 

Kasi Kesenian dan Olahraga Pendidikan Damaris Padmiasih mengatakan tidak hanya disambut dengan tari remo, kedatangan Presiden Jokowi ke Surabaya juga disambut dengan pagar betis siswa mengenakan pakaian daur ulang, mereka juga membawakan yel-yel mengenai bebas sampah.

 

“Sebanyak 630 siswa mulai dari tingkat SD dan SMP mengenakan pakaian daur ulang siap untuk menyambut pak Jokowi nantinya”.

 

Kadispendik Surabaya Dr. Ikhsan, S. Psi, MM berujar setidaknya ada 5.300 guru dan siswa yang siap menyambut Presiden Jokowi di pantai yang terkenal dengan Jembatan Kenjeran tersebut.

 

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Muhamad Fikser mengatakan ntuk menyukseskan kegiatan ini, berbagai persiapan teknis sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. "Kita tidak bisa sendiri, tapi kita sesuaikan dengan kepresidenan dan kementerian, karena ini acara mereka dan Surabaya hanya dijadikan sebagai lokasi acara," imbuh Fikser.

 

Adapun bentuk kegiatan yang akan dilakukan diantaranya, bersih-bersih pantai di Surabaya dan seluruh wilayah Indonesia secara serentak, pelaksanaan less waste event sebagai tindak lanjut kegiatan bersih-bersih. Juga akan digelar tele conference presiden dengan Gubernur DKI Jakarta, Walikota Manado dan Walikota Balikpapan.

 

Selanjutnya, pemberian penghargaan kinerja produsen dalam pengurangan sampah, pemberian penghargaan Bank Sampah terbaik, penyerahan KUR kepada KUKM Bank Sampah. Kemudian Presiden RI bersama rombongan menuju lokasi Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah berpakasitas 20 ton/hari di Jambangan Surabaya – dilanjutkan peninjauan lapangan dan meyaksikan peresmian PDU oleh Menteri LHK sekitar pukul 11.05-11.20. Sekitar pukul 11.20 presiden kembali menuju Bandara untuk istirahat dan makan siang. (Humas Dispendik Surabaya)