Setelah kemarin Kamis (05/01) Walikota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan SMPN 55 dan Rumah Matematika, Hari Ini Jumat (06/01) Wali Kota Surabaya meresmikan SMPN 58 dan SDN Sidotopo Wetan V yang terletak di Jalan Platuk Donomulyo.

 

Dalam sambutannya, Risma -panggilan Wali Kota Surabaya- menyampaikan bahwa ide gagasan mendirikan sekolah baru tersebut dilandasi karena kebutuhan masyarakat akan fasilitas pendidikan yang semakin meningkat.

 

“Kita ini sudah merdeka lebih dari 70 Tahun jangan sampai cari sekolah aja rebutan”.

 

Menurutnya, pendidikan saat ini merupakan tiang negara yang akan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, terampil, dan memiliki daya saing tinggi. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya dalam menyediakan fasilitas dan berbagai upaya dalam memajukan pendidikan, baik dari segi sarana prasarananya, kualitas guru, sampai dengan kualitas para siswa.

 

Risma juga menekankan adanya peningkatan Index Pembangunan Manusia di kawasan Surabaya utara. Berdasarkan data 2010, kawasan Surabaya utara memiliki index paling rendah dibandingkan dengan wilayah Surabaya lainnya. Namun, kata Risma saat ini Index Pembangunan Manusia di kawasan ini sama dengan wilayah lainnya.


      "Dalam diskusi bersama pengamat terkait masalah pendidikan, peningkatan itu karena adanya sekolah baru membuat anak-anak mempunyai akses buat sekolah dan gratis," ujar Wali Kota.

Risma juga berharap untuk setiap anak diberikan kesempatan yang sama dan mempunyai tantangan, sehingga anak-anak harus bisa berhasil dan sukses.

 

“Kalau anak-anak tidak kita bekali mulai sekarang, mereka nantinya akan hanya menajadi penonton di kotanya sendiri”.

 

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Surabaya tersebut kembali mengemukakan bahwa setiap anak memiliki kemampuan intelektual yang berbeda untuk itu harus diterima sekaligus diarahkan dan dikembangkan sesuai potensinya masing-masing sehingga ke depan dapat meraih kesuksesan.

 

Walikota berharap setiap kelas dilengkapi pc dan lcd projector. Setiap sekolah juga diharapkan dapat dilengkapi dengan laboratorium ipa, ips, matematika, dan bahasa. Walikota juga berpesan agar kegiatan ekstrakurikuler didukung penuh oleh sekolah.

 

Usai sambutan dilakukan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh walikota didampingi dengan forpimda. Walikota melakukan peninjauan langsung bangunan dan fasilitas yang tersedia pada SMPN 58 dan SDN Sidotopo Wetan V Surabaya. (Humas Dispendik Surabaya)