Login

Situs Resmi Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Songsong 1 Muharram, SDN Bulak Rukem I Gelar Pawai

Dalam rangka menyongsong peringatan 1 Muharram 1436 H yang jatuh tepat pada hari Sabtu, 25 Oktober 2014 SDN Bulak Rukem I gelar pawai 1 Muharram yang diikuti sebanyak 500 siswa dan 25 orang pembina/guru. Mereka dengan membawa poster yang bertuliskan tulisan islami diiringi music islam dan musik perkusi, serta alat-alat musik daur ulang para siswa pawai berkeliling jalan sekitar sekolah.


Kepala SDN Bulak Rukem I Rudy Prayitno menjelaskan pawai ini merupakan salah satu kegiatan sekolah dalam rangkan menyongsong Tahun Baru Hijriah 1436, sekaligus bentuk pengimplementasian Kurikulum 2013 yang lebih banyak menekankan Pendidikan Karakter yang meliputi Sikap Spiritual (KI-1), Sikap Sosial (KI-2), Pengetahuan (KI-3), dan Ketrampilan (KI-4).


Selesai pawai kegiatan dilanjutkan dengan Pentas yang mencerminkan kegiatan wali kelas. Penampilan meliputi Baca Puisi, fashion, bernyanyi Islami, Albanjari, dan rebana.


Nilai-nilai karakter menerima, menghargai, melaksanakan ajaran agama tercermin dalam Pawai (KI-1). Kerjasama, disiplin, cinta tanah air, tanggung jawab yang merupakan cerminan KI-2 dapat muncul dalam kegiatan pentas seni Islami. Keberanian siswa tampil dengan bimbingan wali kelas  cerminan KI-4.


Hasil kreasi siswa menjadi Penilaian Fortofolio. Kegiatan siswa menjadi kajian observasi. Kegiatan ini semua merupakan rangkaian Pengetahuan (KI-3) yang telah ditanamkan guru melalui Buku Siswa dan Buku Guru. Sukses Kurikulum 2013 dengan Pawai Muharram dan Pentas Islami. Dengan Semangat Tahun Baru Hijriah – Kita Tingkatkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT. (Humas Dispendik Surabaya)

Jelang Kongres Pelajar Surabaya, Orpes Adakan Pra Kongres

     Menyambut pelaksanaan kongres pelajar surabaya 2014 yang rencananya akan berlangsung, pada Senin (27/10) di gedung Wanita Kalibokor. Organisasi Pelajar Surabaya (Orpes) selenggarakan kegiatan pra kongres. Kegiatan tersebut berlangsung kemarin (23/10) di gedung aula kantor Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya Jalan Jagir Wonokromo 354-356 Surabaya.

      Pra kongres pelajar surabaya 2014 ini diikuti oleh 200 ketua OSIS SMP, SMA, dan SMK baik negeri maupun swasta. Kasi Kesiswaan Pendidikan Dasar Tri Aji, S. Kom menjelaskan  kegiatan pra kongres pelajar surabaya merupakan titik awal dari beberapa kegiatan besar siswa yang akan berlangsung, mulai dari Kongres Pelajar Surabaya 2014, parade juang, pameran pendidikan hingga Kongres Pelajar Nusantara yang berlangsung pada 8 - 14 November mendatang.

      Dalam kegiatan ini, para siswa dikenalkan tentang latar belakang, tujuan dan manfaat dari Orpes. Dewa dari NGO Cosmic menerangkan, awal terbentuknya Orpes berawal dari dekadensi moral pelajar, perpecahan dalam pelajar (tawuran), penggunaan nasrkoba dan ketidaksinkronan program OSIS dengan sekolah. Dewa menambahkan bahwa tujuan Orpes yakni membangun persatuan dan kesatuan antar pelajar surabaya serta menjadi teladan bagi pelajar lainnya.

      Senada dengan Dewa, Adwin dari Cosmic mengungkapkan banyak manfaat yang diperoleh oleh para pelajar yang ikut serta dalam Orpes ini, yakni menambah pengetahuan, menambah dan persaudaraan, menambah pengalaman dalam berorganisasi, serta membangun bangsa melalui keteladanan. "Banyak keteladanan yang telah dipelopori oleh Orpes, seperti gerakan penghijauan melalui penanaman mangrove, dsb".

      Selain itu, pra kongres pelajar surabaya juga membahas berbagai macam isue, seperti isue  tentang nasionalisme,  lingkungan hidup, enterpreneurship, sosial, serta kepemimpinan.

      Mereka berdiskusi tiap kelompok membahas isue-isue yang ada, sebagai acuan rencana program Orpes kedepan. Masing-masing keolompok memaparkan rencana program yang nanti sebagai masukan terhadap pengembangan program opes kedepan.

      Kepala Dispendik Surabaya Dr. Ikhsan, S. Psi, MM menjelaskan Orpes merupakan wadah pemersatu bagi bagi para pelajar di Surabaya. "Pada tanggal 27 mendatang para pelajar yang tergabung dalam orpes akan membacakan ikrar dan yel-yel orpes".

     Acara ditutup dengan pemilihan ketua Orpes 2015. Dari pemilihan ketua Opes yang dilakukan melalui voting, maka terpilihlah M. Arbiyan dari SMAN 15 sebagi ketua Orpes yang baru, menggantikan Bagas Haditia dari SMAN 6. (Humas Dispendik Surabaya)

      

Additional information