Login

Situs Resmi Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Pembinaan Sekolah Adiwiyata Nasional Menuju Adiwiyata Mandiri

    Adiwiyata adalah tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan. Tujuan Program Adiwiyata ini adalah untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

    Adiwiyata Mandiri diberikan kepada sekolah-sekolah yang mampu mempertahankan program-program lingkungan hidup mereka selama tiga tahun berturut-turut. Beberapa Sekolah di Kota Surabaya yang telah mendapatkan Penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional diantaranya SDN Kandangan II, SD Sekolah Alam Insan Mulia, SDN Perak Barat, SD Islam Yamasa, SMPN 4, SMPN 16, SMPN 26 dan SMK Mater Amabilis.

    Dalam kegiatan ini yang menjadi narasumber adalah Bapak Dedy Trinur Afrianto, ST dari Balai Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung di SMPN 4 Surabaya. Beberapa sekolah yang telah mendapat predikat sekolah adiwiyata tingkat nasional diharapkan mampu untuk meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri. Proses seleksinya didasarkan pada 4 kriteria yang meliputi pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis linkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan atau pengembangan sarana pendukung sekolah.

    Dengan adiwiyata, maka pemerintah telah memberikan penghargaan bahwa sekolah-sekolah telah berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Penghargaan adiwiyata bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan melalui lembaga pendidikan formal mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas se Indonesia. (Humas Dispendik Surabaya)

Additional information