Login

Situs Resmi Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Dispendik Akan Selenggarakan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi

     Dengan mengusung tema "Kita Wujudjkan PTK PAUDNI yang Berkarakter dan Profesional Menuju Revolusi Mental", Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya akan selenggarakan apresiasi PTK PAUDNI berprestasi. Bentuk lomba tersebut meliputi, lomba karya tulis ilmiah dan lomba karya nyata.

    Kasi Penmas Thussy Aprilliayandari, SE menerangkan pada lomba karya nyata peserta mengejawantahkan hasil pengalaman langsung sebagai PTK PAUDNI baik individual maupun kelompok pada bidang pembelajaran atau pengelolaan program atau kegiatan PAUDNI yang memiliki nilai-nilai keunggulan, kekhasan dan keunikan tertentu kedalam sebuah tulisan.

    Acara technical meeting (TM) yang berlangsung di aula PLS kantor Dispendik (30/01), diikuti sebanyak 88 peserta. Mereka berasal dari pengelola dan pendidik PAUD, LKP, TBM, PKBM, penilik, dan para instruktur kursus. 

    Thussy menambahkan,  aspek penilaian karya tulis dan karya nyata mulai dari penilaian sistematika penulisan hingga pada kelengkapan dan kesesuian data pendukung. 

     Sementara itu, Kepala Bidang Kesenian, Olahraga, dan PLS Dakah Wahyudi, M. Pd menyampaikan bahwa lomba ini selain mengasah dan potensi para pendidik non formal dan informal juga merupakan wujud peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di surabaya.

       Pedoman pembuatan karya nyata/karya tulis meliputi, naskah harus asli karya peserta lomba, bukan jiplakan, belum pernah diikutkan/dipublikasikan dan forum/kegiatan apapun, naskah ditulis diatas kertas A4 dengan spasi 1,5 menggunakan font 12, serta panjang naskah minimal 12 halaman dan maksimal 20 halaman tidak termasuk lampiran.

       Batas akhir pengumpulan karya tulis dan karya nyata yakni pada 20 Februari 2015 di Bidang PLS Dispendik. Untuk penilik warna dasar sampul yakni orange, pengelola PKBM warna dasar sampul yakni hijau, pengelola TBM warna dasar sampul yakni kuning tua, instruktur kursus tata boga warna dasar sampul yakni hijau muda, instruktur kursus tata kecantikan rambut dasar sampul yakni merah muda, instruktur kursus seni musik warna dasar sampul yakni merah tua, instruktur kursus komputer warna dasar sampul yakni biru tua, instruktur kursus tata boga warna dasar sampul yakni hijau muda, pengelola LKP  warna dasar sampul yakni biru, pengelola KB/TPA/SPS  warna dasar sampul yakni hijau tua dan pendidik KB/TPA/SPS  warna dasar abu-abu tua.

      Presentasi dan pengumuman pemenang karya tulis/karya nyata dari hasil seleksi akan dilakukan pada Hari Minggu 21 Februari 2015. Karya tulis/karya nyata yang menjadi juara di tingkat kota akan diikutkan seleksi lomba karya tulis/karya nyata yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. (Humas Dispendik Surabaya)

Tata Perpus Sekolah, Sekaligus Tanamkan Budaya Literasi

     Menumbuh kembangkan minat baca seorang anak tidak hanya melalui sebuah gerakan membaca, namun dapat dilakukan dengan cara lain. Hal tersebut dilakukan oleh SMP PGRI 6 (Spegrinam) Surabaya dengan menanamkan budaya literasi ke siswa melalui kegiatan bersih-bersih perpus sekolah.

     Kepala Spegrinam Banu Atmoko menuturkan kegiatan membersihkan sekaligus menata buku di pepustakaan sekolah merupakan salah satu upaya dalam merangsang minat baca anak yang diawali dengan menumbuhkan suasana nyaman di perpustaakan. 

    "Lebih dari 1.000 buku koleksi yang terdapat di perpus, untuk itu kita mengajak para siswa mencintai lingkungan perpusnya terlebih dahulu".

     Banu menambahkan dengan gemar membaca maka segala pengetahuan akan dapat di pelajari dan dikembangkan bersama. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (27/02), diawali dengan penataan buku-buku ke rak-rak yang telah disediakan kemudian setelah tertata rapi, para guru mengajak untuk membaca buku-buku bacaan tersebut.

     Lutfia Turfa, siswi Spegrinam mengaku senang melakukan kegiatan membersihkan perpus sekolah. Bersama teman sebayanya ia tampak bersemangat menata tumupukan buku yang sedang berserakan.

     "Dengan kegiatan ini, kami sadar akan pentingya merawat buku-buku bacaan perpus". (Humas Dispendik Surabaya)

Additional information