Login

Situs Resmi Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Tertarik Inovasi Pendidikan, INAP Timor Leste Kunjungi Dispendik

      Berbagai pengembangan inovasi dalam dunia pendidikan di Surabaya, menarik perhatian banyak pihak untuk lebih dalam mengkaji dan mendalaminya terutama pada pengembangan program berbasis online yang telah berhasil dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya.

     Tadi siang (27/08), Dispendik menerima kunjungan rombongan dari  Instituto Nacional de Administração Pública (INAP) Timor Leste. Kunjungan INAP diterima langsung oleh Sekretaris Dispendik Surabaya Drs. Aston Tambunan, M. Si di aula atas kantor Dispendik.

     Agostinho Letencio de Deus selaku ketua rombongan menjelaskan maksud kedatangan kali ini karena Surabaya diniliai berhasil menerapkan teknologi informasi dalam sistem pemerintahannya, khususnya pada bidang pendidikan. Letencio berharap, dengan kunjungan kali ini dapat memperoleh berbagai bahan dan pegetahuan untuk dapat diterapkan sekembalinya rombongan ke Timor Leste

     Tidak hanya try out online pun, rapor online menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta rombongan. Pada kesempatan ini, Aston mengungkapkan bahwa pengembangan program pendidikan melalui rapor dan try out online merupakan salah satu upaya dalam mempermudah akses masyarakat yang membutuhkan informasi tentang hasil belajar siswa. "Semua didasari atas komitmen bersama dalam memajukan pendidikan di surabaya".

       Awal mula terbentuknya rapor online ini berdasarkan data yang terhimpun dalam profil sekolah. Melalui profil sekolah ini masyarakat dapat mengetahui tentang informasi keadaan sekolah. Mulai dari prasarananya hingga pada prestasi sekolah tersebut.

      Tidak hanya itu, dispendik juga telah mengembangkan sepuluh program pendidikan yang baru di Surabaya diantaranya,  pengembangan sistem online tersebut diantaranya, Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah (SIPKS), seleksi kepala sekolah,  seleksi kepala sekolah, jurnal online, surabaya belajar, multimedia pembelajaran, PPDB online, media centre, dan klinik kurikulum 2013.  (Humas Dispendik Surabaya)

 

Jelang Konselor Sebaya 2014, Dispendik Lakukan TOT

     Persiapan demi persiapan tengah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota (Dispendik) Surabaya dalam menggelar konselor sebaya 2014 yang rencananya akan dimulai pada 1 September mendatang.

      Tadi pagi (27/08), bertempat di aula belakang kantor Dispendik. Dispendik adakan training of trainer (TOT) kepada para relawan yang akan diternjukan di beberapa titik tempat pelaksanaan konselor sebaya 2014.

      Para relawan ini terdiri dari berbagai stakeholder, mulai dari dinkes kota surabaya, LSM, serta para psikolog yang telah berpengalaman. Sekretaris Dispendik Drs. Aston Tambunan, M. Si dalam sambutannya menerangkan, tujuan diadakannya TOT ini agar para relawan  dapat dengan matang mempersiapkan program bersama dalam mensukseskan jalannya konselor sebaya 2014.

       Sementara itu, Kasi Penmas Thussy Apriliyandari mengungkapkan, kegiatan konselor sebaya 2014 diikuti 6.530 siswa serta 1.959 guru BK dan wakasek kesiswaan sebagai pembimbing. 

       Salah satu tujuan konselor sebaya ini, yakni mencegah perilaku negatif pelajar dan menanamkan Emotional Quotient dan Adversity Quotient yang kuat kepada pelajar serta menjadikan mereka Agent of Change bagi siswa lain.

       Thussy menambahkan, target dari konselor sebaya ini nantinya akan menjadi ekstrakurikuler konselor sebaya di setiap sekolah. Melalui ekstrakurikuler konselor sebaya, diharapkan sekolah dapat menampung permasalahan siswa sejak dini serta melalui program konselor sebaya ini dapat  mensosialisasikan konsep positif diri siswa dalam kehidupan belajar mengajar mereka.

       Dalam konselor sebaya ini, nantinya ada beberapa modul yang disampaikan diantaranya implementasi konselor sebaya dalam ekstrakurikuler 2014, fungsi dan peran guru BK, standarisasi guru BK, dasar konseling, kesehatan reproduksi remaja, pelajar pelopor internet sehat, perkembangan manusia, siapa aku ?, keterampilan hubungan individu, serta anak dan konvensi hak anak. (Humas Dispendik Surabaya)

Additional information