Login

Situs Resmi Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Isi Liburan Sekolah dengan Cegah Banjir dan DBD

Hujan adalah sebuah peristiwa presipitasi (jatuhnya cairan dari atmosfer yang berwujud cair maupun beku ke permukaan bumi) berwujud cairan. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan dia atas permukaan Bumi.


Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi( perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat ) uap air di atmosfer menjadi butiran air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara.


 Butir hujan memiliki ukuran yang beragam mulai dari yang mirip penekuk (butiran besar), hingga butiran kecilnya. , Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Secara sederhana banjir dapat didefinisikan sebagainya hadirnya air di suatu kawasan luas sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut.


Liburan  telah tiba , tapi tidak membuat semangat para siswa-siswi SMP PGRI (Spegrinam) mengisi liburan sekolah dengan hal positif ,seperti yang dilakukan pada hari Minggu (21/22).


Tepat pukul 06.00 para siswa-siswi yang tergabung dalam tim kader lingkungan Spegrinam Surabaya melaksankan kegiatan kerja bakti masaal untuk mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah ( KLB DBD ).

Tentunya sudah kita ketahui bersama bahwa Kota Surabaya beberapa hari ini di landa hujan bahkan sampai ada wilayah yang tergenang banjir , oleh karena itu upaya pencegahan ini dilakukan untuk mengantisipasi agar sekolah tidak tergenang banjir dan wabah demam berdarah (DB).


Tim kader lingkungan Spegrinam yang beranggotakan 20 orang tersebut langsung membersihkan ruang kamar mandi, selokan ( gorong – gorong ), menata tanaman, serta membuat lubang resapan bipori. Mereka juga dibantu oleh siswa lainnya yang masih duduk di kelas 7 dan 8.


 Kepala Sepgrinam Banu Atmoko , S.Pd mengungkapkan mengisi liburan tidak hanya dilakukan dengan kegiatan rekreasi ataupun lainnya, naum lebih bermanfaat jika diisi dengan kegiatan yang positif seperti kegiatan pencegahan DBD dan penanggulangan banjir.


Banu menambahkan sampah hasil kerja bakti kemudian diangkut  menggunakan gerobak, lalu kemudian dibuang ke tempat pembuangan sampah di daerah Mrutu Kalianyar.


Nevela salah satu siswi Spegrinam mengungkapan, menurutnya  kegiatan ini sangat menyenangkan walaupun libur teman – teman sangat antusias , Nevella berharap agar siswa Spegrinam bisa menjaga kesehatan selama libur dan tidak ada yang terkena demam berdarah. (Humas Dispendik Surabaya)

Enam Siswa ABK, Semarakkan Hari Ibu

Pemerintah Kota Surabaya menggelar peringatan hari ibu ke-86 tahun. Bertempat di Halaman Taman Surya, Senin (22/12) acara tersebut dihadiri oleh Forpimda, LSM peduli perempuan, Kepala SKPD, dan sebagainya. Peringatan tahun ini diwarnai dengan pertunjukan seni yang disajikan oleh pelajar kota Surabaya. 


Dalam sambutannya, Tri Rismaharini, Walikota Surabaya mengatakan, pihaknya mendorong kesetaraan gender. Menurutnya, perempuan dan laki-laki memiliki hak yang sama dalam pembangunan demokrasi. Perempuan adalah aset yang menentukan kemajuan bangsa terbukti dengan beberapa perempuan menduduki posisi strategis. 


 Enam penari pelajar SDLB penyandang difabilitas mempersembahkan tari Lenggang Surabaya sambil mendapat pengarahan koreografi dari pelatih. Setelah itu, sebanyak 10 pelajar TK Dharma Husada membawakan tari Nirmala dengan formasi piramida ala cheerleader pada penutupan gerakan. Sedangkan seni musik dari dua pelajar YKAB Sukolilo penyandang difabilitas. Dilanjutkan dengan kolaborasi SDN kertajaya dan SMPN 1 dalam alunan lagu Bunda. Sementara itu tari rancak dibawakan oleh SDN Rangkah 6 Surabaya. Perkusi SMPN 3, pun turut memeriahkan acara dengan medley lagu Surabaya, Tanjung Perak, dan Rek Ayo Rek. (Humas Dispendik Surabaya)

Additional information